Perancangan UI/UX Website Booking Online Snapbox Studio Kediri Menggunakan Design Science Research Methodology
PDF

Keywords

UI/UX
DSRM
Pemesanan

How to Cite

Perancangan UI/UX Website Booking Online Snapbox Studio Kediri Menggunakan Design Science Research Methodology. (2025). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 9(3), 1942-1950. https://doi.org/10.29407/entvqx68

Abstract

Industri kreatif terus mengalami pertumbuhan pesat, termasuk layanan studio foto yang semakin diminati masyarakat. Snapbox Studio Kediri menghadapi tantangan dalam proses pemesanan yang masih dilakukan secara manual melalui WhatsApp, sehingga menimbulkan ketidakefisienan dan kurangnya kenyamanan bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang User Interface (UI) dan User Experience (UX) untuk website booking online Snapbox Studio guna meningkatkan kemudahan serta kenyamanan proses reservasi. Metode yang digunakan adalah Design Science Research Methodology (DSRM) yang mencakup tahapan identifikasi masalah, perancangan solusi, dan pengembangan desain. Perancangan UI/UX dilakukan menggunakan aplikasi Figma dan dievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS). Pengujian dilakukan dengan melibatkan 69 responden yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa di daerah Kediri. Hasil akhir dari penelitian ini berupa rancangan antarmuka yang intuitif, responsif, serta sesuai dengan kebutuhan pengguna, yang dinilai berada dalam kategori baik berdasarkan hasil evaluasi usability.

PDF

References

[1] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” Jurnal Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

[2] R. Ayu Pangestuti, R. Permatasari, and S. Fitri Ana Wati, “Perancangan Ui/Ux Design Aplikasi Coffee Care Dengan Metode Design Thinking Berbasis Mobile App Pada Café Proof.Co,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 8, no. 3, pp. 3269–3278, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9674.

[3] R. Dwi Arista and R. Rian Putra, “BULLETIN OF COMPUTER SCIENCE RESEARCH Perancangan UI/UX Aplikasi Untuk Meningkatkan Efisiensi Pemesanan Jasa Fotografi Terhadap Maka Studio Menggunakan Metode Design Thinking,” Media Online), vol. 5, no. 2, pp. 150–160, 2025, doi: 10.47065/bulletincsr.v5i2.426.

[4] M. Irawati, “Perancangan Website Profil Studio Fotografi Beyond Portrait Di Surabaya,” Jurnal DKV Adiwarna, vol. 1, no. 6, pp. 1–12, 2015.

[5] D. Sukma Hendrawan et al., “Perancangan UI/UX Design Aplikasi Jasa Fotografi Dengan Design Science Research Methodology,” Bangkit Indonesia, vol. XI, no. 02, 2022.

[6] Mira Orisa, Ahmad Faisol, and Mochammad Ibrahim Ashari, “Perancangan Website Company Profile Menggunakan Design Science Research Methodology (Dsrm),” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 160–164, 2023, doi: 10.51401/jinteks.v5i1.2576.

[7] B. Noviansyah, C. Fauzi, J. Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung Jalan Gegerkalong Hilir, K. Bandung Barat, and P. Jawa Barat, “Perancangan Aplikasi untuk Evaluasi Implementasi Arsitektur Enterprise,” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, vol. 4, no. 2, pp. 608–615, 2020.

[8] A. C. Zarkasi, A. S. Wardani, and S. Sucipto, “ANALISA USER EXPERIENCE TERHADAP FITUR DI APLIKASI ZENIUS MENGGUNAKAN HEART FRAMEWORK,” METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, vol. 6, no. 6, pp. 174–179, Oct. 2022, doi: 10.46880/jmika.Vol6No2.pp174-179.

[9] V. Arifin, V. Handayani, L. K. Wardhani, H. B. Suseno, and S. U. Masruroh, “Antarmuka Pengguna dan E-Learning Berbasis Gamifikasi dengan Metodologi Penelitian Ilmu Desain,” vol. 22, no. 1, pp. 167–178, 2022, doi: 10.30812/matrik.v22i1.2022.

[10] I. N. Fatoni, I. Kaniawulan, L. Sri, and A. Muni, “USER INTERFACE DESIGN APLIKASI PELAYANAN DI KANTOR DESA HEGARMANAH BERBASIS MOBILE DENGAN DESIGN SCIENCE RESEARCH METHODOLOGY (DSRM),” 2023.

[11] M. A. Senubekti, G. L. Dajoreyta, and N. Anggraini, “Pembuatan Desain UI/UX dengan Metode Prototyping pada Aplikasi Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung menggunakan Figma,” Jurnal Informatika Terpadu, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2024, doi: 10.54914/jit.v10i1.1001.

[12] D. A. Nur Wulandari, S. Sunarti, and T. Kuspriyono, “Design UI/UX Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema,” Jurnal Infortech, vol. 5, no. 1, pp. 22–29, 2023, doi: 10.31294/infortech.v5i1.15376.

[13] D. P. Hasibuan, H. B. Santoso, A. Yunita, and A. Rahmah, “An Indonesian Adaptation of the E-Learning Usability Scale,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1566, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1566/1/012051.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Yulistiya Nur Hidayah, Tasbi Khatuz Zuhriya, Aftor Maulana, Anis Faizul Laila