Abstract
Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tanjunganom memberikan kebebasan bagi siswa untuk memilih kelompok mata pelajaran sesuai dengan minat dan kemampuan. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memilih kelompok mata pelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem rekomendasi pemilihan kelompok mata pelajaran dengan menggunakan metode Weighted Product (WP). Metode ini membantu siswa memilih kelompok mata pelajaran berdasarkan nilai akademik, tes IQ, dan minat siswa. Pendekatan yang digunakan adalah Decision Support System (DSS) dengan menerapkan WP untuk memberikan rekomendasi yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat memberikan rekomendasi yang sesuai dengan potensi siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan dalam belajar.
References
[1] D. Wahyudin et al., “Kajian Akademik Kurikulum Merdeka,” Kemendikbud, pp. 1–143, 2024.
[2] R. F. Sitorus, K. K. Waruwu, Salim, and A. Febry, “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas,” J. Pendidik. West Sci., vol. 01, no. 06, pp. 328–334, 2023.
[3] R. F. Purnomo and F. Fahurian, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Anggaran Keuangan menggunakan Metode Wp (Weighted Product) Pada Panti Wreda Griya Nugraha Bandar Lampung,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 14, no. 2, p. 162, 2023, doi: 10.36448/jsit.v14i2.3361.
[4] A. N. Tanal and Risma, “Desain dan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di UPT SMA Negeri 6 Palopo,” 2022. [Online]. Available: https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/249/246
[5] M. Cholilah, A. G. P. Tatuwo, Komariah, and S. P. Rosdiana, “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21,” Sanskara Pendidik. dan Pengajaran, vol. 1, no. 02, pp. 56–67, 2023, doi: 10.58812/spp.v1i02.110.
[6] S. Ledia, B. Mauli, and R. Bustam, “Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Relig. Educ. Soc. Laa Roiba J., vol. 6 No 1, no. Pendidikan, pp. 790–806, 2024, doi: 10.47476/reslaj.v6i1.2708.
[7] N. Azahra, “Penerapan Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Provinsi Dengan Hotel Terbaik,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 3549–3555, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9513.
[8] D. Asrani, D. M. Telaumbanua, A. C. Maulana, and R. T. Aldisa, “Penerapan Metode WP dan ROC dalam Pemilihan Siswa Peserta Olimpiade Sains,” vol. 1, no. 2, pp. 53–58, 2024.
[9] J. Fredricka and L. Elfianty, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Kejuruan dengan Metode Weighted Product dan Weighted Sum Model,” J. Tek. Inform. Unika St. Thomas, vol. 2020, pp. 2657–1501, 2020.
[10] H. I. Y. Ardiansyah Ardiansyah, Gede Surya Mahendra, Prastyadi Wibawa Rahayu, Yesi Sriyeni, Jaka Purnama, Eka Hartati, Miftahul Huda, Dedih Dedih, Yayuk Ike Meilani, Atin Triwahyuni, Sella Antesty, Gabriel Firsta Adnyana, M. Miftakul Amin, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan, Pertama. Indonesia: Sonpedia, 2024. [Online].

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Nevi Harisuci Wibowo, Intan Nur Farida, Daniel Swanjaya
