Abstract
Studi ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keputusan pembelian konsumen pada platform e-commerce di Indonesia[1]. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 30 responden berusia 17-25 tahun yang aktif menggunakan platform belanja online. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis variabel nilai ekonomis, kualitas produk, kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan strategi promosi. Hasil penelitian menunjukkan program insentif penjualan, terutama subsidi biaya pengiriman dan diskon, memberikan kontribusi signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudahan navigasi platform dan kredibilitas informasi produk juga menjadi pertimbangan penting. Sistem perlindungan pembeli dan keandalan pembayaran turut mempengaruhi keputusan pembelian. Studi ini menemukan Shopee sebagai platform utama pilihan konsumen (73,3%), diikuti Tokopedia (16,7%) dan TikTok Shop (10%). Penelitian menyoroti pentingnya strategi promosi yang menarik dan pengembangan platform yang berorientasi pada kenyamanan pengguna dengan sistem keamanan transaksi yang baik.
References
[1] “View of Analisis Faktor,” https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/4043/2319.
[2] “View of Eksplorasi Citra Merek Dan Kualitas Produk Untuk Memastikan Kepuasan Pelanggan Royco Di Kabupaten Bekasi,” https://jurnal.usi.ac.id/index.php/JEUSI/article/view/606/814.
[3] S. U. Ria Amalia Fhonna, “PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KETERLIBATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPERCAYAAN PADA KONSUMEN SHOPEE DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA,” https://jim.usk.ac.id/EKM/article/view/8081/3751.
[4] - Rachmi Desfa Armanda, “Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Platfrom E-Commerce Shopee (Studi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUSKA RIAU),” 2025.
[5] F. H. Habibie, A. Aryapranata, and P. J. Sakti, “Analisis Keputusan Pembelian Smartphone pada Generasi Z,” REVITALISASI, vol. 13, p. 343, Dec. 2024, doi: 10.32503/revitalisasi.v13i2.6286.
[6] S. Stephanie, “STUDI EXPLANATORI SATISFACTION DAN REPURCHASE INTENSIONS DENGAN MODERASI PENGALAMAN BELANJA ONLINE DI SURABAYA,” https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/950?cv=1.
[7] M. Busro Asmuni and M. Kosandi, “Faktor Politik Uang dalam Perilaku Memilih Masyarakat pada Pilkada Kabupaten Temanggung Tahun 2018,” Indones. Gov. J. Kaji. Polit., vol. 3, no. 2, pp. 71–85, 2020, doi: 10.24905/igj.v3i2.40.
[8] “Hubungan Usia dengan rerata CBFV pada - Hasil Penelitian,” https://123dok.com/article/hubungan-usia-dengan-rerata-cbfv-pada-hasil-penelitian.qo5xll5j.
[9] A. Lestari and R. C. Jaya, “Pengaruh Diskon, Live Streaming Selling dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote (Studi Pada Marketplace Shopee),” JEMSI (Jurnal Ekon. Manajemen, dan Akuntansi), vol. 11, pp. 314–327, Feb. 2025, doi: 10.35870/jemsi.v11i1.3629.
[10] F. L. Pasaribu, M. K. Anand, N. Irfan, and Y. Pratama, “Evaluasi Penggunaan Pada Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Menggunakan Usability Testing,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 3, no. 11, pp. 472–478, Apr. 2023, doi: 10.47065/tin.v3i12.4175.
[11] S. Masiyah, “Perbedaan tingkat pertumbuhan dan rekruitmen kepiting bakau (Scylla serrata Forsskall, 1775) pada Distrik Merauke–Kimaam di ekosistem mangrove Kabupaten Merauke Propinsi Papua,” Agrikan J. Agribisnis Perikan., vol. 7, pp. 10–19, May 2014, doi: 10.29239/j.agrikan.7.1.10-19.
[12] “View of Menutup Kesenjangan Digital: Studi tentang Meningkatkan Kehidupan UMKM Melalui Literasi Digital,” https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS/article/view/4290/3975.
[13] Rusdiana, “Makin Dekat dengan Pesta Belanja Online 12.12, Ini Tips dan Hal Penting yang Perlu Anda Tahu | CiungtipsTM,” https://ciungtips.com/2019/11/makin-dekat-dengan-pesta-belanja-online-12-12-ini-tips-dan-hal-penting-yang-perlu-anda-tahu.html?cv=1.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 M Naufal Anjab Septyan, M. Azzakafuadi, Erna Daniati

