Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang sistem informasi pemesanan Point of Sales di Kana Eatery dengan memanfaatkan metode waterfall. Dalam dunia kuliner, efisiensi dan kecepatan sangat diperlukan dalam melayani pelanggan. Penggunaan sistem lama seperti pencatatan menggunakan tab sudah terbilang tradisional, penggunaan sistem lama dapat mengakibatkan antrean, oleh karena itu sistem Point of Sales yang memanfaatkan teknologi barcode ini sangat berguna untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan penerapan QR code pelanggan tidak perlu melakukan pemesanan melalui kasir, cukup dengan mengkodekan QR code pelanggan dapat melakukan pemesanan tanpa melewati antrean. Hasil penelitian diharapkan masalah antrean yang diajukan dapat teratasi.
References
[1] G. P. Wibowo and H. Purwanto, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BUS DAMRI DI BANDARA XYZ MENGGUNAKAN QR CODE DAN BERBASIS WEB." [Online]. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/07 dapat diakses.
[2] "Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Barcode," Abdimas Universal, vol. 5, no. 1, pp. 55-61, Apr. 2023, L. S. Darman, L. Jejen, M. T. Teheni, and S. Sarimuddin, doi: 10.36277/abdimasuniversal.v5i1.262.
[3] "Implementasi QR Code untuk Efisiensi Waktu Pemesanan Menu Makanan dan Minuman di Restoran dan Kafe," oleh Suharianto, L. Bahar Agung Pambudi, A. Rahagiyanto, G. Eko Julianto Suyoso, J. Kesehatan, dan P. Negeri Jember, 2020.
[4] Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer A. Abdul Wahid Sumedang, "Analisis Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi". [Online]. https://www.researchgate.net/publication/346397070 dapat diakses.
[5] Z. R. Saputri et al., “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS WEB PADA CAFE SURABIKU.”
[6] E-ISSN, vol. 5, no. 2, pp. 173-187, 2024, doi: 10.35957/jtsi.v5i2.9125; M. Ganang Prasetya et al., "Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Berbasis Website Pada Kafe Ra Kopiran Dengan Metode Waterfall," Jurnal Teknologi Sistem Informasi.
[7] "Rancang bangun sistem informasi inventaris aset berbasis web dengan menggunakan metode waterfall," Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, vol. 1, no. 1, hal. 36, Feb. 2021, doi: 10.52362/jmijayakarta.v1i1.415, oleh M. Usnaini, V. Yasin, dan A. Z. Sianipar.
[8] "Pengembangan Sistem Informasi Industri Jasa Penjahit Online Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall," yang dibuat oleh E. Oktavia et al.
[9] B. Candra Nugroho et al., “Penerapan Metode Waterfall pada Sistem E-Order Makanan dan Minuman Berbasis Web dan Mobile,” Journal of Information System Research, vol. 6, no. 1, pp. 533–544, 2024, doi: 10.47065/josh.v6i1.6052.
[10] A. T. Herdiansyah et al., “Perancangan Sistem Informasi Point of Sale Berbasis Website pada Toko Azam Grosir dengan Metode Waterfall,” vol. 6, no. 2, pp. 2622–4615, 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i2.11773.
[11] R. Yoga Pratama and R. Somya, “Perancangan Aplikasi Point Of Sales (POS) Berbasis Android (Studi Kasus: Warkop Vape Salatiga),” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
[12] S. S. Tama, A. Pratama, and A. Faroqi, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Pengaruh Desain Antarmuka Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Fun Murojaah Menggunakan End-User Computing Satisfaction,” Media Online, vol. 4, no. 3, pp. 1767–1776, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1524.
[13] Y. Zulyanto and A. Saepudin, “Sistem Pemesanan Tiket Online Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall Pada PT. Kerinci Wisata Ekspres,” 2024. [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/simpatik
[14] J. Adelwin, ) Wasino, and T. Sutrisno, “RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PEMBOOKINGAN SERVIS MOBIL BERBASIS ANDROID PADA OTR.ID.”
[15] W. Lubis and M. K. Harahap, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Jasa Percetakan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” Jurnal Minfo Polgan, vol. 9, no. 1, 2020, doi: 10.33395/jmp.v9i1.10911.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Yoga Reksa Pramudya, Jovan Putra Prayitna, Erna Daniati

