Alat Pemanas Tambal Ban Otomatis
pdf

Keywords

efisien
mudah
kuat
otomatis
ringan

How to Cite

Mustofa, R. ., Istiasih, H. ., & Santoso, R. . (2020). Alat Pemanas Tambal Ban Otomatis. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 095–098. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.69

Abstract

automatic tire filling tool. motor merupakan suatu  kebutuhan bagi masyarakat yang digunakan mempunyai  untuk aktivitas transportasi  dalam  kehidupan  sehari  hari  motor  sendiri  memiliki tingkat ketahanan onderdil dari setiap komponen terutama.adalah ban oleh karena itu perlu diadakan perancangan alat tambal ban otomatis dengan daya aki 12v 3,5 ahm dengan keefektifan yang di utamakan dengan kemudahan penggunaan dengan sensor panas 80 o C yang cukup untuk merekatkan antara ban dan lem. Penelitian ini dilakukan di bengkel acongspeed purwoasri Kediri dengan menggunakan minimalis dan sederhana prinsip kerja dari alat ini adalah dengan menyambungkan soket kabel merah ke aki arus positif dan kabel hitam ke arus negatif aki yang sebelumnya ban udah di jepit pada tengah balok dan apabila pemanasan telah selesai maka lampu indikator akan mati dan penambalan selesai. Berdasarkan penilaian pelanggan bengkel acong speed alat ini lebih efisien dibanding alat yang alat manual yang banyak digunakan dan hasil serta waktu cukup efektif untuk pemilik bengkel dan pemilik kendaraan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.69
pdf

References

Andrizal. 2003. Pembuatan alat tambal ban dalam (Benen) kendaraan semi otomatis (Laporan penelitian tidak diterbitkan). Universitas Negeri Padang, Padang.

Ashari, A., Munfarida, A., & Efan, A. 2016. Analisis perpindahan panas pada alat tambal ban elektrik. J-Proteksion, Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin, 1(1), 73-76.

Gufron, A., & Arsana, I. M. 2017. Rancang bangun alat penambal ban dengan pengontrol suhu otomatis. Jurnal Rekayasa Mesin,4(2), 39-46.

Satrio, A. W. 2012. Alat tambal ban elektrik dengan pendekatan value engineering (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Teknik Industri Universitas Wijaya Putra, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2006. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zaputra, A. O. 2016. Tambal ban dengan metodelogika fuzzy menggunakan mikrokontroler atmega 8535 (Disertasi tidak diterbitkan). Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.