Abstract
Penelitian dengan judul Pengaruh Perencanaan Produksi dalam Mencapai Optimalisasi Bauran Pemasaran Makanan Olahan terhadap Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada PT. Aneka Rasa Mojokerto) ini membahas masalah optimalisasi produk dan strategi pemasaran dengan tujuan untuk mencapai keuntungan yang semaksimal mungkin.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif program linear khususnya menggunakan software Solver MS Exel yang merupakan salah satu cara perhitungan optimasi sumberdaya yang terbatas, seperti: biaya, tenaga kerja, bahan baku, dan keseimbangan penjualan.
Berdasarkan hasil analisa dari formulasi fungsi tujuan dan fungsi kendala, maka diperoleh kombinasi produk optimal yang menghasilkan keuntungan margin atau kontribusi margin maksimal. Surplus yang disebabkan kelebihan kapasitas penjualan, menunjukkan bahwa PT. Aneka Rasa masih dapat meningkatkan penjualannya.
Upaya yang dapat dilakukan perusahaan berdasarkan penyelesaian linear programming yaitu memaksimalkan kontribusi margin perusahaan dengan menjual kripik tingkat optimal didukung kinerja pemasaran yang maksimal melalui promosi yang intensif, penambahan bahan baku, pengembangan produk baru berbahan baku sejenis dengan ukuran kemasan lebih bervariasi untuk memanfaatkan bahan baku yang tidak terpakai (berlebih).
References
Aini, F. 2001. Penerapan Linear Programming dalam menentukan Bauran Produk yang dapat Memaksimalkan Laba pada PT. Ital Fran’s Multindo Food Industri di Surabaya. Tesis mahasiswa UPN Surabaya.
Akhdaryani, Dwiyatmi. 2002. Analisis Keunggulan Komparatif Komoditas Andalan Utama Sektor Pertanian Jawa Timur Menjelang Perdagangan Global. Tesis Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.
Anonymous. 2010. Laporan Tahunan Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur. Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur.
Arman Hakim Nasution. 1999. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. PT. Candimas Metropole, Jakarta.
Arsyad, Lincoln. 1999. EkonomiManajerial. BPFE. Yogyakarta.
Blake, John T. and Carter. Michael W. 2001. A Goal Programming Approach to Strategic resource Allocation in Acute Care Hospital.S. http://www.dal.ca/-jblake/ejor.doc.
Budiono. 1982. Ekonomi Mikro. BPFE Yogyakarta.
Buffa, E. dan Sarin, R. 2006. Manajemen Operasi dan Produksi Modern, Jilid 1 Edisi Kedelapan. Binarupa Aksara, Jakarta.
Chandra, Gregorius. 2001. Strategi Program Pemasaran. Andi. Yogyakarta.
Charles, D. dan Simpson, T. 2002. Goal Programming Application in Multidisciplinary Design Optimization (http: //www.dtic.mil/ndia/2001sbac/simpson).
Chodary, B. dan Slomp, J. 2002. Production Planning Under Dynamic Product Environment: A Multi-objective Goal Programming Approach (http://www.ub.rug.nl/eldoc/som/a/02A12/02A12.pdf).
Dillon, Carl R. Neff, David L. Price, Carter and Morris, Justin. 1997. The French Paradox. Arkansas.
Dimyati, Tjuju T. dan Dimyati, A. 2002. Operation Research : Model-model Pengambilan Keputusan. Sinar Baru Algesindo, Bandung.
Fauzi, R. 2007. Penerapan Teknik Linear Programming sebagai Alat Bantu untuk Mengetahui Kombinasi Kredit yang dapat Menghasilkan Laba Marjinal yang Optimal pada Bank “X” di Malang. Tesis UPN Surabaya.
Harianti. 2000. Perencanaan Wilayah dalam Usaha Pemanfaatan Lahan Kering secara Optimal di Desa Kalipare Kabupaten Malang. Tesis Mahasiswa Brawijaya Malang.
Hillier, F. dan Lieberman, G. 1994. Pengantar Riset Operasi. Jilid 1 Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler. Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Prenhalindo. Jakarta.
Makridatis, S., Wright, W. dan Steven C. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Mulyono, Sri. Operations Research. 1999. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI. Jakarta.
Prawirosentono, Suyadi. 2001. Manajemen Operasi. Bumi Aksara. Jakarta.
Prawirosentono, Suyadi. 2002. Strategi Pengambilan Keputusan Bisnis. Bumi Aksara. Jakarta.
Radiosunu. 2001. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis. BPFE Yogyakarta.
Rangkuti. Freddy. 2002. Creating Effective Marketing Plan. Gramedia Jakarta.
Render, B. and RM, Stair. 2000. Quantitative Analysis for Management Prentice hall. New Jersey.
Rismiati dan Suratno. 2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Kanisius. Jakarta.
Said, Gumbira. Rahmayanti. Dan Muttaqin Zahrul M, 2001. Manajemen Teknologi Agribisnis. Ghalia. Jakarta.
Salvatore, Dominick. 1992. Teori Mikro Ekonomi. Erlangga. Jakarta.
Saragih, Bungaran. 2001. Pembangunan Sistem Agribisnis Sebagai Penggerak Ekonomi Nasional. Departemen Pertanian. Jakarta.
Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Gramedia. Jakarta.
Soekartawi, 2001. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Stanton, William. 2005. Prinsip Pemasaran. Erlangga.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Hermin Istiasih