Perancangan Alat Penyapu Jalan Otomatis
PDF

Keywords

Konseptual
Motor Listrik
Otomatis

How to Cite

Saputra, O. ., Istiasih, hermin, & Santoso, R. . (2020). Perancangan Alat Penyapu Jalan Otomatis. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 205–209. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.145

Abstract

Jalan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting, akan tetapi masih banyak kondisi jalan yang kurang terawat karna masih banyak sampah berserakan yang di sebabkan oleh minimnya kesadaran masyarakat untuk merawat lingkungan sekitarnya terutama pada jalan. Salah satu penyebabnya yaitu alat penunjang kebersihan yang masih serba manual. Oleh karna itu perlu adanya penelitian dan perancangan alat untuk meringankan dalam pekerjaan menyapu sampah di jalanan. Penelitian ini  dilakukan pada beberapa warga yang tinggal di Desa Pandansari, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Alat ini lebih mengutamakan model pengembangan konseptual, karna alat ini sudah didukung dengan penggunaan motor listrik DC 12V yang berfungsi sebagai penggerak baling-baling sapu dan menggunakan baterai 12V sebagai sumber energi penggerak motor listrik, dengan demikian maka alat ini dapat bekerja secara otomatis. Alat ini juga di desain dengan menyesuaikan postur manusia pada umumnya. Dan hasilnya, menurut penilaian masyarakat penggunaan alat ini sangat mudah dan mampu menjangkau area yang lebih luas. Dengan adanya alat ini, masyarakat mampu menyapu sampah di jalanan tanpa membutuhkan tenaga yang besar dan waktu yang lama. Selain itu dengan menggunakan alat ini pekerjaan  akan mendapat hasil yang lebih efektif dan efisien.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.145
PDF

References

Harahap, M.F., & Marpaung, M.A. 2018. Inovasi Penyapu Sampah Menggunakan Becak Tenaga Listrik di Kota Medan. PISTON JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN FT UISU, 2(2), 53-59.

Rony, H. 2014. Perancangan Sarana Penyapu Jalan Raya Untuk Kawasan Perkotaan. Jurnal KREATIF, 1(2), 25-39.

Dahlan, M. dkk. 2013. Prototipe Mesin Press Otomatis Dengan Sistem Pneumatik BerbasisProgrammable Logic Controller (PLC) Untuk Produksi Paving Blok Berstandar Nasional Indonesia (SNI). Jurnal Prosiding SNST ke-4 Tahun 2013 Fakultas TeknikUniversitas Wahid Hasyim Semarang.

Winasis, P.M. 2012. Simulasi Aplikasi Elektro Pneumatik Dan PLC Sebagai KendaliPintu Air. Skripsi. Teknik Mesin Universitas Diponegoro Semarang.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Onang Saputra, hermin Istiasih, Rachmad Santoso

Downloads

Download data is not yet available.