Pengukuran Kompleksitas Sistem E-Learning di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Metrik Function Oriented
PDF

Keywords

e-learning
pengukuran
metric function oriented

How to Cite

Hariri, F. R. ., & Wahyu Prakasa, J. E. . (2021). Pengukuran Kompleksitas Sistem E-Learning di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Metrik Function Oriented. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 245–250. https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.545

Abstract

Aspek kualitas perangkat lunak menjadi suatu hal yang penting dalam pembangunan proyek perangkat lunak. Pengukuran terhadap perangkat lunak guna mengestimasi kualitas produk dengan cara membandingkan volume sistem dengan banyaknya error/kesalahan yang ditemukan selama proses pengerjaan. Setiap pengukuran yang dilakukan dibutuhkan tersedianya ukuran kuantitatif yang disebut metrik. Metrik dapat dipisahkan dalam dua kategori, yaitu Metrik Size Oriented dan Metrik Function Oriented. Metrik Size Oriented dilakukan dengan menghitung LOC (Line Of Code) dimana metode ini kurang akurat arena pengukurannya didasarkan pada bahasa pemrograman dan gaya pengkodean programmer sehingga tidak dapat dipastikan bahwa dua program yang mempunyai LOC sama akan membutuhkan waktu implementasi yang sama walaupun keduanya diimplementasikan dengan kondisi pemrograman yang standard. Dalam penelitian ini pengukuran kualiatas menggunakan Metrik Function Oriented karena metode ini  merupakan pengukuran fungsionalitas yang ditujukan pada sistem pemrosesan data yang didominasi oleh operasi input dan output sehingga produktivitas pada bahasa permograman yang berbeda dapat dibandingkan. Metode melibatkan 5 komponen sistem software, diantaranya External Input, External Output, External Inquiry, Internal Logical File, External Interface File. Berdasarkan hasil tersebut, maka ditarik kesimpulan sesuai tujuan penelitian dengan pengujian menyatakan perangkat lunak e-learning di UIN Maliki Malang sangat baik.

https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.545
PDF

References

Ritzkal, Moh. Subchan. 2017. Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem E-Learning Menggunakan Metric Function Oriented. Prosiding SNATIF . ISBN: 978-602-1180-50-1

Lailela, Septi Noer, R., 2018. Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Aplikasi Sisfo_Nilai Di Politeknik Piksi Ganesha Berdasarkan Iso 9126. Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika.

Khairullah. 2017. Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Inventaris Aset Universitas Muhammadiyah Bengkulu Menggunakan Metode Mccall. Jurnal Informasi Interaktif Vol. 2 No. 2.

Agarwal, B. B., Tayal, S. P., & Gupta, M. (2010). Software Engineering and Testing. Sudbury: Jones and Bartlett Publishers.

Andri Kristanto, 2003, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Penerbit :Gava. Media, Jakarta.

Pressman, Roger, S, 1997, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi. (Edisi Satu), Penerbit : Andi, Yogyakarta.

Sommerville, Ian. 2003. Software Engineering (Rekayasa Perangkat. Lunak). Erlangga, Jakarta.

Fathoni. 2009. Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Berdasarkan Kompleksitas Menggunakan Metode Function Point. Jurnal Sistem Informasi (JSI). Journal of Information Technology. vol 18. hal 152-159.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Fajar Rohman Hariri, Johan Ericka Wahyu Prakasa

Downloads

Download data is not yet available.