Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Dalam Penentuan Harga Sewa Mobil
PDF

Keywords

Fuzzy
Model Mamdani
Rekayasa Perangkat Lunak
Sewa Mobil

How to Cite

Nurkholis, E. ., Sanjaya, A. ., & Setiawan, A. B. . (2021). Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Dalam Penentuan Harga Sewa Mobil. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 229–234. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/542

Abstract

Penyewaan mobil merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Penentuan harga yang kurang tepat dapat menyebabkan enggannya pelanggan untuk menyewa atau melakukan transaksi dengan pihak penyewa. Selain itu kecepatan dalam menanggapi keinginan pelanggan juga harus diperhitungakan. Berkaitan dengan efektifitas pihak penyewa, maka pihak penyewa dituntut untuk membuat suatu sistem penentu harga sewa mobil. Dengan adanya sistem informasi dapat mempermudah pihak penyewaan mobil mengambil keputusan untuk menentukan harga sewa mobil. Pada sistem rekomendasi harga sewa mobil ini menggunakan metode Fuzzy Mamdani dengan menggunakan tiga variabel Fuzzy yaitu : kapasitas mesin, kapasitas tempat duduk, dan harga/budget yang dimiliki. Sistem rekomendasi harga sewa mobil ini dibuat untuk membantu pihak penyewa dalam merekomendasikan harga sewa mobil sesuai dengan kriteria yang  diinginkan.  Hasil penelitian ini  adalah adanya aplikasi penentu harga sewa  mobil dengan algoritma Fuzzy Mamdani yang dapat digunakan untuk merekomendasikan harga sewa mobil.

PDF

References

Erika, Windy. 2017. Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Pada Sistem Rekomendasi PHK Berdasarkan Absensi Karyawan di PT. Telkom Akses Kediri Berbasis Android. Jurnal Simki-Techsain. Vol.01 No. 06.

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

Sutojo,T.,Mulyanto,Edi., & Suhartono,Vincent. 2011. Kecerdasan Buatan (Benedicta Rini W, Ed.). Yogyakarta : Andi.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Eko Nurkholis, Ardi Sanjaya, Ahmad Bagus Setiawan

Downloads

Download data is not yet available.