Media Pembelajaran Suara ke Gerakan untuk Siswa Tunarungu
PDF

Keywords

Tunarungu
Suara ke Gerak
Media Pembelajaran
Sistem Isyarat Bahasa Indonesia

How to Cite

Ramdhani, R. A., Firliana, R., & Subkhi, M. B. (2024). Media Pembelajaran Suara ke Gerakan untuk Siswa Tunarungu. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(3), 1729–1736. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/5321

Abstract

Bahasa isyarat merupakan salah satu metode komunikasi yang efektif bagi penyandang tuna rungu. Namun pada kenyataannya tidak semua orang atau pendidik dapat berinteraksi atau menyampaikan informasi kepada siswa tuna rungu karena belum menguasai bahasa isyarat yang digunakan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran voice to motion berbasis web yang mampu menerjemahkan bahasa lisan Indonesia ke bahasa isyarat SIBI secara real time dan daring. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model penelitian ADDIE dan model pengembangan sistem Waterfall. Aplikasi web ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, Golang, dan PostgreSQL. Bahasa pemodelan yang digunakan dalam perancangan adalah Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Pengujian sistem dilakukan dengan menerapkan metode White Box Testing dan Black Box Testing. Setelah dilakukan implementasi dan pengujian, sistem informasi voice to motion untuk media pembelajaran bagi siswa tuna rungu berjalan dengan efektif. Dengan adanya media pembelajaran ini, proses komunikasi atau penyampaian informasi yang dilakukan oleh seorang pendidik kepada siswa tuna rungu dapat berjalan dengan mudah dan diterima dengan baik oleh siswa tuna rungu

PDF

References

B. Darma Setiawan and F. Pradana, “Setyawan, Budi Dharma, Pradana, Fajar. Pengembangan Aplikasi Kamus Istilah Ilmiah Dengan Bahasa Isyarat untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Tuna Rungu,” 2017.

MPR RI, UUD, Undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945. 1945.

M. P. A. P. G. S. D. U. M. T. T. Septy Nurfadhillah, MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher), 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=zPQ4EAAAQBAJ

D. Gustiar et al., “PENERJEMAHAN BAHASA ISYARAT MENGGUNAKAN METODE GENERALIZED LEARNING VECTOR QUANTIZATION (GLVQ),” 2020.

M. Rofiandaru, “SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT (SIBI) MENGGUNAKAN METODE KOMUNIKASI TOTAL UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DI SLBN SEMARANG.”

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

I. Sommerville, Software engineering (rekayasa perangkat lunak). Jakarta: Erlangga, 2011.

R. Yunitarini and F. Hastarita, “Pemodelan proses bisnis akademik teknik informatika universitas trunojoyo dengan business process modelling notation (BPMN),” Simantec, vol. 5, pp. 93-100, June 2016.

R. S. Pressman, Software engineering: a practitioner’s approach. NYC: McGraw Hill, 2010.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Risky Aswi Ramdhani, Rina Firliana, M. Bahrul Subkhi

Downloads

Download data is not yet available.