Prototyping Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada Posyandu
PDF

Keywords

Kesehatan Ibu dan Anak
Sistem Informasi
Posyandu

How to Cite

Widyadara, M. A. D. ., & Helilintar, R. (2021). Prototyping Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada Posyandu. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 129–133. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/525

Abstract

Data  pelayanan  Kesehatan  Ibu  dan  Anak  (KIA)  meliputi  pencatatan  pendaftaran  pasien  baru, pencatatan kunjungan dan pemeriksaan pasien, pencatatan rekam medis, pencatatan surat rujukan pasien, dan laporan pelayanan  KIA  masih  dilakukan  dengan  menggunakan  buku  kohort  (buku  kertas  besar  dengan  banyak  tabel). Sedangkan pada peserta KIA data disimpan dalam buku KIA yang merupakan gabungan dari Kartu Menuju Sehat (KMS) ibu hamil, KMS balita, Kartu Keluarga Berencana, Kartu perkembangan anak, dll. Akibatnya sering terjadi duplikasi data medis seperti pencatatan ulang dengan pasien yang sama sehingga riwayat medis tidak bisa berkesinambungan, kesalahan dalam pencatatan, serta pada proses pencarian dan pembuatan laporan membutuhkan waktu  lama.  Penggunaan  teknologi  informasi  dapat  meningkatkan  efektivitas  dan  efisiensi  dalam  sebuah  proses kegiatan agar lebih cepat dicapai. Dalam mengatasi permasalahan ini dibutuhkan teknologi informasi KIA berbasis website  yang  dilengkapi  dengan  sistem  pencatat  data  pasien,  rekam  medis pasien,  dan laporan  pelayanan  KIA. Harapan dengan dibangunnya sistem Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), maka data KIA pada posyandu menjadi lebih berkualitas, terintegrasi, dan lebih mudah dalam pembuatan laporan. Pemberian imunisasi dan vitamin kepada anak dan balita lebih terkendali. Serta tercipta keseragaman dalam pengolahan informasi dan data posyandu secara online.

PDF

References

Azwar, Azrul. Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi Ketiga, Jakarta : Binarupa Aksara, 1996.

Depertemen Kesehatan RI, Buku Kader Posyandu dalam Usaha Perbaikan gizi Keluarga, Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, 2006.

Kemenkes RI. 2014. Buku Kesehatan Ibu dan Anak, Jakarta : Kementerian Kesehtaan RI dan JICA (Japan International Cooperation Agency.

Kemenkes RI. 2015. Petunjuk Teknis Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan dan JICA

Wardana, A. S. Pengembangan Sistem Informasi dengan Metode Waterfall. Catatan Anak Perkuliahan.http://andisetiya.blog.widyatama.ac.id/ (16 Agustus 2016).

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Made Ayu Dusea Widyadara, Risa Helilintar

Downloads

Download data is not yet available.