ANALISA PENGGUNAAN CHARCOAL UNTUK SALURAN TRANSMISI 150KV DI TRANSMISSION LINE SUTT JALUR BANGKALAN - SAMPANG
PDF

Keywords

Batang Elektroda
RCPS
Semen Konduktif
Transmisi.

How to Cite

Alfita, R. ., Rinaldi, M. ., & Ibadillah, A. F. . (2021). ANALISA PENGGUNAAN CHARCOAL UNTUK SALURAN TRANSMISI 150KV DI TRANSMISSION LINE SUTT JALUR BANGKALAN - SAMPANG. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 119–124. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/523

Abstract

Jaringan transmisi Bangkalan - Sampang tercatat sering terjadi gangguan yang diakibatkan oleh sambaran petir terutama pada T70 - T77 yang berada pada Bukit Gigir yang kondisi struktur tanah nya berupa batuan. Sehingga nilai pentanahannya tercatat melebihi standart, yaitu 10 Ω untuk tegangan 150kV. Salah satu cara yang dicoba untuk memperbaiki nilai pentanahan pada daerah bertanah batuan adalah dengan mengebor tanah hingga mencapai kedalaman tertentu dan menanamkan  ground rod dengan dicampurkan semen konduktif, semen konduktif sebagai penguat sifat konduktif sehinga nilai pentanahan dapat semakin kecil dan gangguan sambaran petir dapat di ketanahkan dengan baik.

Metode RCPS (Root Cause Problem Solving) mencari pemecahan masalah dengan penyelesaian terhadap akar masalahnya. Tahanan jenis tanah merupakan kunci utama yang menentukan tahanan tanah dan pada kedalaman berapa batang elektroda harus ditanam agar diperoleh nilai resistansi yang rendah. Setelah penambahan semen konduktif, hasil nilai pentanahan T70 - T77 turun sekitar 60% dari 3 tahun sebelumnya.

PDF

References

SK DIR 0520-1.K/DIR/ 2014. Buku Pedoman Pemeliharaan Saluran Udara Tegangan Tinggi dan Ekstra Tinggi (SUTT / SUTET).

Winanda Riga Tamma, I Made Yulistya Negara, dan Daniar Fahmi. 2017. Pemanfaatan Bentonite sebagai Media Pembumian Elektroda Batang. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 6, No. 1, ISSN:2337-3539.

I M Yulistya Negara, Daniar Fahmi, D.A. Asfani, dkk. Analisis Pengaruh Semen Konduktif Sebagai Media Pembumian Elektroda Batang. Institut Teknologi Sepuluh November. JAVA Journal of Electrical and Electronics Engineering Volume 12, Number 2, October 2014.

Lucky Dedi Purwanto. STUDI PEMANFAATAN ARANG TEMPURUNG KELAPA UNTUK PERBAIKAN RESISTANSI PEMBUMIAN JENIS ELEKTRODA BATANG. Universitas Brawijaya Malang. Diterbitkan di laman jurnal teknik UB. (http://elektro.studentjournal.ub.ac.id)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Riza Alfita, Muhammad Rinaldi, Achmad Fiqhi Ibadillah

Downloads

Download data is not yet available.