Identifikasi User Requirement dan Fitur Utilities LMS Open Source pada Pelatihan Masyarakat Pedesaan
PDF

Keywords

Fitur Utilities
User Requirement
UCD (User Center Design)
Pelatihan
Masyarakat Desa

How to Cite

Susilo, E. B. ., Santoso, P. I. ., & Hartanto, R. . (2021). Identifikasi User Requirement dan Fitur Utilities LMS Open Source pada Pelatihan Masyarakat Pedesaan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 069–074. https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui User Requirement dan ketersediaan Fitur Utilities LMS (Learning Management System) pada proses bisnis pelatihan masyarakat pedesaan. Pelatihan masyarakat pedesaan merupakan pelatihan yang melibatkan peserta pelatihan dari wilayah administratif penduduk desa yang beraktivitas sebagai pegiat pemberdayaan desa dan memiliki keterbatasan dalam pengetahuan teknologi digital. Perbedaan karakteristik pada proses bisnis pembelajaran dan mempertimbangkan karakteristik pengguna dengan keterbatasan pengetahuan teknologi digital maka hal tersebut menjadi penentu dalam pemilihan dan pengembangan LMS yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan wawancara dan studi literatur. Penelusuran proses bisnis pelatihan dan pengidentifikasian kebutuhan pengguna (user requirement) didasarkan pada teori UCD (User Centered Design). Sedangkan penelusuran Fitur Utilities dilakukan dengan studi literature pada penelitian hasil evaluasi komparasi LMS yang dilakukan sebelumnya. Hasil identifikasi user requirement dan Fitur Utilities dapat diambil irisan antara keduanya sehingga hal tersebut menyimpulkan bahwa platform LMS Moodle sangat memungknkan untuk digunakan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.515
PDF

References

M. Stočes, J. Masner, and J. Jarolímek, “Agris on-line Papers in Economics and Informatics Mitigation of Social Exclusion in Regions and Rural Areas – E-learning with Focus on Content Creation and Evaluation Anotace Keywords :,” vol. VII, no. 4, pp. 143–151, 2015.

Learning Systems Architecture Lab [LSAL], SCORM Best practices guide for content developers, 2004th ed. Pittsburgh: Carnegie Mellon University, 2004.

Sommerville. I, “USER REQUIREMENTS SPECIFICATIONS,” 2014. [Online]. Available: http://c-m-s.com/user-requirement- specifications/.

I. Sommerville, P. Sawyer, and S. Viller, “Viewpoints for requirements elicitation : a practical approach.”

D. Zowghi and C. Coulin, “2 Requirements Elicitation : A Survey of Techniques , Approaches , and Tools.”

N. Hidayah, M. Zain, A. Jaafar, F. Hanis, and A. Razak, “A USER - CENTERED DESIGN : METHODOLOGICAL TOOLS TO DESIGN AND DEVELOP COMPUTER GAMES FOR MOTOR - IMPAIRED USERS,” no. 130, pp. 223–228, 2015.

I. Sandra Yatana Saputri, M. Fadhli, and I. Surya, “Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Penerapan Metode UCD ( User Centered Design ) pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web,” vol. 02, pp. 269–278, 2017.

N. Cavus and T. Zabadi, “A Comparison of Open Source Learning Management Systems,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 143, pp. 521–

, 2014.

P. Poulova, I. Simonova, and M. Manenova, “Which One , or Another ? Comparative

A. Krouska, C. Troussas, and M. Virvou, “Comparing LMS and CMS Platforms Supporting Social e-Learning in Higher Education,” Information, Intell. Syst. Appl. (IISA), 2017 8th Int. Conf., vol. 2017, 2017.

V. Shehu, A. Besimi, L. Abazi, and M. Shaqiri, “Usability Issues While Building a New LMS,” Proc. ITI 2009 31st Int. Conf. Inf. Technol. Interfaces, pp. 317–322, 2009

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Eko Budi Susilo, P. Insap Santoso, Rudy Hartanto

Downloads

Download data is not yet available.