RANCANGAN AWAL WEBSITE BERBASIS USER CENTERED DESIGN (KASUS WEBSITE UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA)
PDF

Keywords

redesign
User Centered Design (UCD)
website

How to Cite

Andhika Putra, J. ., Nugroho, L. E. ., & Hartanto, R. . (2020). RANCANGAN AWAL WEBSITE BERBASIS USER CENTERED DESIGN (KASUS WEBSITE UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 189–194. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.402

Abstract

Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua di kota Yogyakarta. UJB memiliki website yang memuat kegiatan yang berhubungan dengan bidang akademik UJB. Namun, sebagian dosen serta mahasiswa UJB tidak mengaksesnya dikarenakan tidak ada integrasi dengan elemen akademik seperti e-learning, e-journal, digital library, serta informasi pusat studi, yang secara otomatis menghambat kinerja dosen dalam melakukan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, serta tampilan website yang monoton dan membingungkan sehingga tidak nyaman dilihat serta dikunjungi. Responden yang diteliti yaitu mahasiswa, dosen, serta pegawai pada empat fakultas yang terkait dalam penggunaan website dengan metode purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Untuk pengumpulan data digunakan instrumen kuesioner dengan skala likert 5 poin. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software aplikasi SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian selama proses desain adalah cara efektif untuk membangun website yang tidak hanya mencerminkan kebutuhan serta preferensi pengguna, tetapi dapat dengan mudah diubah sebagai sumber daya baru kemunculan teknologi. Sebelum proses redesign pada aspek perspektif, sebagian besar reponden berpendapat bahwa tampilan website buruk. Dari segi pemenuhan, kelengkapan informasi UJB dalam website masih kurang. Pada aspek instruksi, website tidak memiliki informasi maupun konten tertentu yang menjadi penghubung antara pengunjung serta pengelola website. Dari segi batasan, tidak ada informasi mengenai batasan informasi yang disampaikan. Untuk aspek assistance, pemberian saran serta kritik sulit karena tidak adanya konten mendukung. Aspek usability, menu fitur dapat digunakan dengan mudah. Setelah proses redesign, perbaikan website UJB sangat baik. Hal ini terbukti dari jawaban responden. Sebagian besar responden berpendapat website UJB telah menyajikan berita lengkap serta update.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.402
PDF

References

Iman Sanjaya, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Penelit. IPTEK-KOM, vol. 14, no. 1, pp. 1–14, 2012.

R. Utari, “Website Sebagai Media Humas Sekolah,” Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 78–87, 2013.

V. V. Njoto, D. T. Ardianto, and Erandaru, “Perancangan Ulang Website Ruang Pamer Produk UMKM Kabupaten Kediri,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2013.

Y. MZ, “Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” Inf. Interaktif, vol. 1, no. 1, pp. 35–44, 2016.

A. Yasin and Y. MZ, “Evaluasi Web UJB Menggunakan Golden Rules Of User Interface Design Theo Mandel,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 6–7, 2016.

Y. V. Akay, A. J. Santoso, and F. L. S. Rahayu, “Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas (Kasus Kota Manado),” Pros. Semin. Nas. ReTII, no. Amborowati, pp. 1–6, 2012.

R. Hayati, “Analisis Website Pemerintah Provinsi Riau Dengan Metode User Centered Design (UCD),” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2014.

Sudrajat, “Penerapan Metode User-Centered Design Untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Siswa Berbasis Media Interaktif,” Sekol. Tinggi Ilmu Komput. Binaniaga, vol. 1, p. 23, 2014.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Jeffry Andhika Putra, Lukito Edi Nugroho, Rudy Hartanto

Downloads

Download data is not yet available.