Redesain Mata Pisau Untuk Optimasi Mesin Penggiling Bumbu
PDF

Keywords

Rempah- rempah
Mesin Penggiling
Mata Pisau
Motor Penggerak
Stainless steel

How to Cite

Rofiq, M. A., & Fauzi, A. S. (2024). Redesain Mata Pisau Untuk Optimasi Mesin Penggiling Bumbu. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(3), 1711–1719. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/5140

Abstract

Indonesia di kenal dengan negara beraneka ragam rempah-rempah yang dimana masakan khas indonesia tidak terlepas dari rempah-rempah yang telah di olah. Saat ini banyak ditemukan berbagai macam jenis rempah-rempah yang sangat bervariasi, baik dari segi bentuk, rasa maupun kegunaannya. Rempah-rempah awal mula hanya di yakini sebagai obat penyembuh di bandingkan untuk pencitarasa makanan. Seiring dengan berjalannya waktu, kegunaan dari rempah-rempah sendiri mengalami perkembangan dan digunakan sebagai bumbu untuk melengkapi dan menambah cita-rasa makanan, serta untuk menjaga kondisi makanan agar tetap segar. Salah satu kunci kelezatan masakan nusantara adalah dengan penggunaan rempah- rempah sebagai bumbu dapur. Penelitian ini diinisiasi untuk mendukung dan mengembangkan UMKM pada penggunaan mesin penggiling bumbu serta modifikasi mata pisau. Penerapan mesin penggiling bumbu ini menggunakan komponen motor penggerak 6,5 hp, hopper menggunakan bahan stainless steel, sarangan dengan lubang diameter 1 mm dengan ketebalan 6 mm, dan mata pisau modifikasi berbentuk segitiga sama kaki dengan tebal 5 mm dan panjang 24 mm. Dengan adanya mesin penggiling bumbu ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi produktivitas dan menghasilkan tekstur bumbu yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, agar menjadi solusi yang dapat diimplementasikan bagi para UMKM maupun industri rumah makan

PDF

References

D. Rahmawati and M. Dewi, “Sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut Masayarakat Desa Sopu,” J. Altifani Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 277–284, 2022, doi: 10.25008/altifani.v2i3.244.

M. Yohanes Robi, Siti Masitoh Kartikawati, “Sanggau, Kabupaten Barat, Kalimantan,” vol. 7, pp. 130–142, 2019.

Khozainul, “Alat, Perancangan Bumbu, Penggiling Metode, Menggunakan Engineering, Reverse,” 2021.

Z. Abidin, “REKAYASA MESIN PENGGILING BUMBU DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK 1 , 5 HP,” pp. 65–67.

E. Sulistyo and E. Yudo, “Rancang bangun mesin penggiling daging ayam,” no. November, pp. 1–5, 2015.

H. Dan et al., “KANDUNGAN PIPERIN DALAM EKSTRAK BUAH LADA DIEKSTRAKSI DENGAN VARIASI KONSENTRASI ETANOL MENGGUNAKAN METODE KLT-DENSITOMETRI THE CONTENT OF PIPERINE IN BLACK AND WHITE PEPPER FRUITS ( Piper nigrum L .) EXTRACTED WITH VARIATION OF ETHANOL CONCENTRATIONS USI,” vol. 13, no. 2, pp. 173–185, 2016.

N. Prabarini and D. Okayadnya, “Penyisihan Logam Besi (Fe) Pada Air Sumur Dengan Karbon Aktif Dari Tempurung Kemiri,” Envirotek J. Ilm. Tek. Lingkung., vol. 5, no. 2, pp. 33–41, 2014.

N. M. Hijriah, F. Filianty, and S. Nurhasanah, “Potensi Minyak Atsiri Daun Ketumbar (Coriandrum sativum L.) sebagai Pendukung Pangan Fungsional: Kajian Literatur,” J. Teknotan, vol. 16, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.24198/jt.vol16n1.8.

Novan, “PERBEDAAN DAN KETAHANAN TERHADAP KOROSI STAINLESS STEEL TIPE 201 DAN 304 PT CATERLINDO - SIMPLY STAINLESS INDONESIA PERBEDAAN DAN KETAHANAN TERHADAP KOROSI STAINLESS STEEL TIPE 201 DAN 304 PT CATERLINDO - SIMPLY STAINLESS INDONESIA,” 2022.

Samen and H. Basri, “PADA MESIN PENGGILING BUMBU DENGAN PENGGERAK MOTOR BENSIN KAPASITAS 90 KG / JAM,” vol. 16, no. 2, 2023.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Muhammad As’adur Rofiq, Ah Sulhan Fauzi

Downloads

Download data is not yet available.