Desain Rangka Alat Pengupas Kulit Kacang Tanah Dengan Kapasitas 30kg/Jam
PDF

Keywords

Mesin pengupas
kulit kacang
SolidWorks
silinder pengupas

How to Cite

Eka Wahyudi, Haris Mahmudi, & Hesti Istiqlaliyah. (2024). Desain Rangka Alat Pengupas Kulit Kacang Tanah Dengan Kapasitas 30kg/Jam. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(3), 1658–1666. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/5124

Abstract

Mesin pengupas kulit kacang adalah alat penting dalam proses pemrosesan kacang untuk industri makanan dan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mesin pengupas kulit kacang dengan kapasitas 30 kg/jam. Dimensi rangka mesin direncanakan dengan panjang 1150 mm, lebar atas 780 mm, lebar bawah 950 mm, dan tinggi 1200 mm. Metode perancangan melibatkan analisis kebutuhan teknis, pemilihan komponen mekanis, dan perhitungan daya yang sesuai untuk mencapai kapasitas yang diinginkan. Desain ini mengintegrasikan prinsip-prinsip mekanika dan teknologi pemrosesan untuk memastikan efisiensi dalam pengupasan kulit kacang. Hasil simulasi dan pengujian prototipe menunjukkan bahwa mesin ini mampu menghasilkan kapasitas sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan. Diharapkan bahwa mesin ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam industri pengolahan kacang.Perangkat lunak SolidWorks digunakan untuk mendesain rangka mesin dan memvisualisasikan komponen-komponen utama seperti motor penggerak, silinder pengupas, dan mekanisme penyalur kacang. Desain ini mengintegrasikan prinsip-prinsip mekanika dan teknologi pemrosesan untuk memastikan efisiensi dalam pengupasan kulit kacang.

PDF

References

N. ,. I. Mahfud, Rancang Bangun Sistem Blower Pada MesinPengupas Kacang Tanah Kapasitas 5 Kg / Jam, kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2023 .

N. MAHFUD, RANCANG BANGUN SISTEM BLOWER PADA MESINPENGUPAS KULIT

KACANG TANAH KAPASITAS5 KG/JAM, kediri: Program Studi Teknik Mesin Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2023.

H. M. Hervin Fahri, Desain Mesin Pengupas Kulit Kacang TanahKapasitas 30Kg/Jam, kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2023.

Badruzzaman, E. T. (2020). Analisis Kekuatan Pembebanan Rangka Pada PerancanganMesin Grading fish Jenis Ikan Lele Menggunakan SimulasiSolidworks. Bandung : Politeknik Negeri Indramayu.

L. T. KUSUMA, ANALISA KEKUATAN RANGKA PADA MESIN PENGUPASKACANG

TANAH MENGGUNAKAN SOFTWARE, kediri: Program Studi Teknik Mesin UN PGRI Kediri, 2023.

D. ,. P. ,. A. Nurcahya, RancanganBangunAlat Pengupas Bawang Merahyang Efektif dan Efisien, kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2021.

E. T. i. R. M. S. J. Badruzzaman, Analisis Kekuatan Pembebanan Rangka Pada

PerancanganMesin Grading fish Jenis Ikan Lele Menggunakan SimulasiSolidworks, Bandung : Politeknik Negeri Indramayu, 2020.

a. s. s. y. j. lewerissa, desain rangka utama mesin penguraian sabut kelapa, sorong : Program Studi Diploma IV Teknik Mesin Politeknik Saint Paul Sorong , 2022.

Paloboran, M., & Yahya, M. (2021). Mekanika Bahan Teknik Mesin. Surabaya: SCOPINDO.

Wahyuni, M. (2020). Statistik deskriptif untuk penelitian oleh data manual dan SPSS versi 25. Yogyakarta: Bintang pustaka mandiri.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Eka Wahyudi, Haris Mahmudi , Hesti Istiqlaliyah

Downloads

Download data is not yet available.