Analisa Pengaruh Kalor Yang Dihasilkan Dari Bahan Bakar Oli Bekas Dan Minyak Jelantah
PDF

Keywords

Kalor
minyak jelantah
oli bekas

How to Cite

Rico Yusfa Pratama, & Ilham, M. M. (2024). Analisa Pengaruh Kalor Yang Dihasilkan Dari Bahan Bakar Oli Bekas Dan Minyak Jelantah . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(3), 1530–1535. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/5089

Abstract

Oli bekas salah satu limbah cair yang dihasilkan oleh mesin, baik mesin di industri besar maupun mesin kendaraan pribadi. Minyak jelantah juga merupakan contoh dari limbah cair yang kurang optimal pengolahannya. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah data primer. Didapatkan dengan cara observasi atau melakukan pengujian dengan kalorimeter. Hasil dari Pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS Statistics dan pembahasan pada bagian sebelumnya dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh kalor yang dihasilkan dari bahan bakar oli bekas dan minyak jelantah terdapat perbedaan dengan tingkat signifikasi 0,004 < 0,05. Dikarenakan pada pegujian terdapat perbedaan antara campuran oli bekas yg banyak dan yang sedikit dalam penurunan suhunya.

PDF

References

P. Kanchana, M. L. Santha, and K. Dilip Raja, “A REVIEW ON GLYCINE MAX (L.) MERR. (SOYBEAN),” 2016. [Online]. Available: www.wjpps.com

Akhyar, “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN TUNGKU PELEBURAN LOGAM DENGAN PEMANFAATAN OLI BEKAS SEBAGAI BAHAN BAKAR,” Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2014 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2014.

I. N. Suparta, “DAUR ULANG OLI BEKAS MENJADI BAHAN BAKAR DIESEL DENGAN PROSES PEMURNIAN MENGGUNAKAN MEDIA ASAM SULFAT DAN NATRIUM HIDROKSIDA I Nyoman Suparta,” Jurnal Logic, vol. 17, no. 1, pp. 73–79, Mar. 2017.

T. Herdito, Risna, and M. Lutfi, “Pemanfaatan Limbah Oli Bekas Menjadi Bahan Bakar High Speed Diesel (HSD),” Jurnal Sains Terapan, vol. 7, no. 2, pp. 57–63, Jul. 2021.

A. Sanusi, Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat, 2012.

Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN RND, 1st ed. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.

F. Rhohman, M. Khoirul Anam, and D. Pamungkas, “Perancangan Mesin Pengepress Ampas Tahu Elektrik,” Jurnal Mesin Nusantara, vol. 4, no. 1, pp. 47–54, 2021.

Y. H. Winata, “ANALISA PERPINDAHAN PANAS TERHADAP RECTANGULAR DUCT DENGAN TEBAL 0.075 m MENGGUNAKAN ANSYS 12 SP1 DAN PERHITUNGAN METODE NUMERIK,” Surakarta, 2015.

I. S. Maulani and H. Firdaus, “ANALISIS DESAIN RANCANG BANGUN ALAT PENUKAR KALOR TIPE DOUBLE PIPE ALIRAN COCURRENT DAN COUNTER FLOW,” JURNAL INDUSTRIAL GALUH, vol. 3, no. 1, pp. 43–48, 2021.

J. P. Holman, Heat Transfer, Sixht edition. Mc-Graw hill: Library of Congress Cataloging, 1986.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Rico Yusfa Pratama, M. Muslimin Ilham

Downloads

Download data is not yet available.