Rancang Bangun Pencacah Type Hammer Mill Pada Mesin Pengolah Kompos Berkapasitas 5 Kilogram/Menit
PDF

Keywords

pengolah limbah
pupuk kandang
pencacah kotoran
type hammer mill

How to Cite

Heryoga, E. P., Pramesti, Y. S., & Setyowidodo, I. (2024). Rancang Bangun Pencacah Type Hammer Mill Pada Mesin Pengolah Kompos Berkapasitas 5 Kilogram/Menit. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(3), 1398–1405. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/5084

Abstract

Pengelolaan  dan pengolahan limbah kotoran hewan ternak merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam upaya menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Limbah merupakan salah satu sumber utama dari pencemaran lingkungan, selain itu limbah tidak memiliki nilai serta keuntungan ekonomi didalamnya. Kotoran ternak dimanfaatkan sebagai pupuk kandang karena kandungan unsur haranya seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) serta unsur hara. Maka perlu sebuah alat pencacah kotoran kambing yang bisa membuat kotoran ternak dapat di gunakan sebagai bahan dasar pupuk organic. Pada perancangan mesin pengolah kompos ini mengguakan pisau type Hammer mill yaitu pisau ini berfungsi ntuk memukul dan mencacah kotoran serta sayuran yang akan digunakan. Pisau ini menggunakan bahan plat besi yang berukuran 8 mm yang berjumlah 10 pada setiap as nya. Mesin ini mampu mencacah bahan dan kotoran kambing berkapasitas 5 kg/menit.

PDF

References

N. H. Alimahfud, "Rancang Bangun Sistem Blower Pada Mesin Pengupas Kulit Kacang Tanah Kapasitas KG/JAM," p. 17, 2023.

I. Fajarini, "Peningkatan Ekonomi Keluarga Peternak Di Desa Thekelan Melalui Pengolahan Kotoran Kambinng Menjadi Pupuk Cair Layak Jual," 2022.

L. M. Shitophyta, PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK KOMPOS DARI SAMPAH, p. 2, 2021.

K. Fadhli, Pemberdayaan Masyarakat melalui Sosialisasi Pemanfaatan Pupuk Organik Padat Kohe Kambing dan Agens Hayati Mikoriza sebagai Alternatif Pertanian Berkelanjutan, 2021.

M. L. Wara, PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK KOTORAN KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELEDRI (Apium Graveolens L.), p. 2, 2023.

Y. Indrianasari, Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Secara Hidroponik Pada Media Pupuk Organik Cair Dari Kotoran Kambing Dan Kotoran Kelinci, p. 1, 2016.

K. Hakim, REDESIGN PISAU MESIN PENCACAH KOTORAN TERNAK SEBAGAI BAHAN DASAR PUPUK ORGANIK, 2018.

W. P. Angin, "Besarnya Impact Forcepada Hammer Mill terhadap Kehalusan Pakan Ternak," 2023.

U. Panjaitan, PERANCANGAN MESIN PENCACAH RUMPUT MULTIFUNGSI DENGAN METODE VDI 2221, 2020.

B. Aswin, Pelatihan Pembuatan Kompos Dari Sampah Organik Rumah Tangga Dengan Komposter Ember, 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Emerentiano Putra Heryoga, Yasinta Sindy Pramesti, Irwan Setyowidodo

Downloads

Download data is not yet available.