Analisis Sentimen Aplikasi Mybca Melalui Review Pengguna Di Google Play Store Menggunakan Algoritma Naive Bayes
PDF

Keywords

Analisis sentimen
Naive Bayes
myBCA
Google Play Store
ulasan pengguna
perbankan digital

How to Cite

Garda Zidane Dhamara, Danu Nur Alamsyah, Priyo Wildan Saputro, Erna Daniati, & Aidina Ristyawan. (2024). Analisis Sentimen Aplikasi Mybca Melalui Review Pengguna Di Google Play Store Menggunakan Algoritma Naive Bayes . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(2), 1102–1111. https://doi.org/10.29407/inotek.v8i2.5044

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis sentimen pengguna terhadap aplikasi myBCA melalui ulasan di Google Play Store. menggunakan algoritma Naive Bayes. Data ulasan dikumpulkan dan diproses untuk menghilangkan noise dan mempersiapkannya untuk klasifikasi sentimen. Algoritma Naive Bayes kemudian digunakan untuk mengkategorikan setiap komentar sebagai positif, negatif atau netral. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas ulasan memiliki sentimen positif, menunjukkan kepuasan pengguna terhadap aplikasi myBCA. Namun, terdapat pula ulasan dengan sentimen negatif yang menyoroti beberapa kekurangan aplikasi, seperti kendala teknis dan proses yang rumit. Temuan ini dapat memberikan masukan berharga bagi BCA untuk meningkatkan kualitas aplikasi myBCA dan meningkatkan kepuasan pengguna.

https://doi.org/10.29407/inotek.v8i2.5044
PDF

References

A. V. Sudiantoro and E. Zuliarso, ANALISIS SENTIMEN TWITTER MENGGUNAKAN TEXT MINING DENGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER. 2018.

R. S. Perdana and M. A. Fauzi, “Analisis Sentimen Tingkat Kepuasan Pengguna Penyedia Layanan Telekomunikasi Seluler Indonesia Pada Twitter dengan Metode Support Vector Machine dan Lexicon Based Features,” 2017. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/320234928

M. A. Amrustian, W. Widayat, and A. M. Wirawan, “Analisis Sentimen Evaluasi Terhadap Pengajaran Dosen di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode LSTM,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 535, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3527.

A. N. Indraini and I. Ernawati, “Analisis Sentimen Terhadap Pembelajaran Daring Di Indonesia Menggunakan Support Vector Machine (SVM),” J. Ilm. FIFO, vol. 14, no. 1, p. 68, 2022, doi: 10.22441/fifo.2022.v14i1.007.

S. Juanita, “Analisis Sentimen Persepsi Masyarakat Terhadap Pemilu 2019 Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naive Bayes,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 4, no. 3, p. 552, Jul. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2140.

G. K. Locarso, “ANALISIS SENTIMEN REVIEW APLIKASI PEDULILINDUNGI PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN NBC,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 6, no. 2, 2022.

M. Daffa Rhajendral and N. Trianasari, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Spotify Untuk Peningkatan Layanan Menggunakan Algoritma Naive Bayes Sentiment Analysis of Spotify Application Reviews for Service Improvement Using Naive Bayes Algorithm.”

S. M. Siroj, I. Arwani, and D. E. Ratnawati, “Analisis Sentimen Opini Publik pada Twitter terhadap Efek Pembelajaran Daring di Universitas Brawijaya menggunakan Metode K-Nearest Neighbor,” 2021. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

Google Play, “Google Play Store,”

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bca.mybca.omni.android. Diakses pada tanggal 28 Mei 2024, Mei. 28, 2024.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Garda Zidane Dhamara, Danu Nur Alamsyah, Priyo Wildan Saputro, Erna Daniati, Aidina Ristyawan

Downloads

Download data is not yet available.