Game Edukasi Pengenalan Aksara Jawa Untuk Anak Kelas 6 Sekolah Dasar
PDF

Keywords

aksara jawa
edukasi
game

How to Cite

Ibrahim , M. S. A. ., Widodo, D. W. ., & Juli Sulaksono. (2024). Game Edukasi Pengenalan Aksara Jawa Untuk Anak Kelas 6 Sekolah Dasar. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(2), 1021–1026. https://doi.org/10.29407/inotek.v8i2.5034

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi yang memperkenalkan huruf aksara Jawa kepada siswa kelas 6 di sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan pengembangan game interaktif, penelitian ini mengeksplorasi potensi game sebagai alat pembelajaran yang inovatif dalam memperluas pemahaman siswa terhadap aksara Jawa. Game ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan mendalam, dengan fokus pada kekayaan budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi game edukasi ini berhasil meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran aksara Jawa, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap sistem keaksaraan Jawa yang masih kurang dikenal secara luas. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan teknologi dalam mendukung pendidikan budaya lokal, serta perlunya pengembangan konten edukasi yang relevan dan menarik untuk generasi muda dalam menghadapi tantangan globalisasi saat ini.

https://doi.org/10.29407/inotek.v8i2.5034
PDF

References

H. Cikka, “SINOPSIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (Cara Mudah Memahami dan Mengingat Peristiwa Sejarah,” Scolae J. Pedagog., vol. 2, no. 2, pp. 300–306. https://doi.org/10.56488/scolae.v2i2.70

B. N. Hilmawan and T. Yuniati, “Perancangan Game Role-Playing sebagai Sarana Edukasi Sejarah Menggunakan Metode Game Development Life Cycle,” Comput. Sci. (CO-SCIENCE, vol. 4, no. 1, pp. 1–10.

M. G. Khairi, “PENERAPAN FINITE STATE MACHINE DALAM GAME PADA MODEL KARAKTER PEMAIN MENGGUNAKAN GODOT ENGINE,” Sci. J. Ilm. Sains dan Teknol., vol. 2, no. 7, pp. 44–54. https://doi.org/10.31294/coscience.v4i1.2032

H. Aminudin and D. A. Dermawan, “Game Edukasi Aksara Jawa Bagi Generasi Milenial,” J. Informatics Comput. Sci. (JINACS, vol. 2, no. 02, pp. 145–148, 2020.

H. Supriyono, R. F. Rahmadzani, M. Adhantoro, A. K. Susilo, and others, “Rancang bangun media pembelajaran dan game edukatif pengenalan aksara jawa ‘pandawa,’” 2016.

F. M. Adenansyah, “Rancang Bangun Game Edukasi Belajar Aksara dan Tata Krama Bahasa Jawa untuk SD Kelas 4 Berbasis Android,” J. Manaj. Inform., vol. 10, no. 9, pp. 1–9.

M. H. Santoso, I. I. Lestari, M. A. Setiawan, and others, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Anak,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 9–15, 2022.

I. Prismana, G. S. Permadi, and others, “Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Android,” INOVATE.

S. K. Wardana, F. F. Sufa, and A. M. S. Hapsari, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘Den Sarwo’ Berbasis Mobile Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pada Materi Aksara Jawa Dikelas IV B SD Negeri Mojosongo,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 2, pp. 17432–17440.

K. Mustofa, N. Suarna, and A. R. Dikananda, “GAME EDUKASI PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADDIE BERBASIS ANDROID,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 811–816, 2022. https://doi.org/10.36040/jati.v6i2.5414

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Muhammad Saiful Adi Ibrahim , Danang Wahyu Widodo, Juli Sulaksono

Downloads

Download data is not yet available.