Evaluasi Pengalaman Pengguna Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Pada Aplikasi Access By KAI
PDF

Keywords

SUS
Access By KAI
Usability

How to Cite

Atma Agilia Triwardani, Muhlishoh Husna Ulfiah, & Dzatama , K. F. . (2024). Evaluasi Pengalaman Pengguna Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Pada Aplikasi Access By KAI. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(2), 944–951. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/5024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode SUS digunakan untuk mengukur tingkat kegunaan aplikasi, dengan fokus pada kemudahan penggunaan, kejelasan informasi, dan kepuasan pengguna. Data dikumpulkan melalui kuesioner SUS dan dianalisis untuk mengevaluasi skor kegunaan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan skor SUS sebesar 67,25 dan berada di kategori Good. Hal ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pengguna serta area mana yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Penemuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan lebih lanjut dan peningkatan kualitas aplikasi. Kesimpulan penting dari penelitian ini adalah pentingnya memprioritaskan pengalaman pengguna dalam pengembangan aplikasi untuk memastikan kepuasan pengguna yang optimal.

PDF

References

A. Yunaningsih, D. Indah, dan F. Eryanto Septiawan, “Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi,” Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, vol. 3, no. 1, hlm. 9–16, Feb 2021, doi: 10.37253/ALTASIA.V3I1.4336.

S. Sulistyowati dkk., “Analisis Pengaruh Faktor Persepsi Kemudahan, Publikasi, Kenyamanan Akses Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Tiket Menggunakan Aplikasi Mobile Kai Access (Studi pada pengguna aplikasi KAI Access di Garut),” MASMAN : Master Manajemen, vol. 1, no. 4, hlm. 165–173, Nov 2023, doi: 10.59603/MASMAN.V1I4.344.

G. Radiena dan A. Nugroho, “ANALISIS SENTIMEN BERBASIS ASPEK PADA ULASAN APLIKASI KAI ACCESS MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 6, no. 1, hlm. 1–10, Apr 2023, doi: 10.37792/JUKANTI.V6I1.836.

R. Nurbani dkk., “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN E-TICKETING KERETA REL LISTRIK PADA STASIUN SENEN JAKARTA,” INTI Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, hlm. 45–50, Agu 2018, doi: 10.33480/INTI.V13I1.1714.

N. Prabowo dan F. Susanti, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. KERETA API INDONESIA (Studi Kasus Stasiun Pariaman),” Mar 2019, doi: 10.31219/OSF.IO/QSKZF.

A. Nioga, K. C. Brata, dan L. Fanani, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 2, hlm. 1396–1402, 2019, Diakses: 7 Juni 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4384

H. J. Christanto, “Analisa Tingkat Usability Berdasarkan Human Computer Interaction (HCI) Untuk Sistem Pemesanan Tiket Online Kereta Api,” 2021, Diakses: 7 Juni 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.uksw.edu//handle/123456789/27863

M. A. Kosim, S. R. Aji, dan M. Darwis, “PENGUJIAN USABILITY APLIKASI PEDULILINDUNGI DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),” Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, vol. 4, no. 2, Agu 2022, doi: 10.31326/SISTEK.V4I2.1326.

M. Defriani, M. G. Resmi, dan I. Jaelani, “Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Dan System Usability Scale (SUS) Pada Situs Web STT Wastukancana,” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 4, no. 1, hlm. 30–39, Mei 2021, doi: 10.31539/INTECOMS.V4I1.2072.

A. (Azizah) Fatmawati, “Evaluasi Usability pada Learning Management System OpenLearning Menggunakan System Usability Scale,” Jurnal Inovtek Polbeng Seri Informatika, vol. 6, no. 1, hlm. 467024, Jun 2021, doi: 10.35314/ISI.V6I1.1881.

N. Adila, P. Melani, dan N. Sukma, “Analisis Perspektif Pengguna Terhadap Website Faculty of Communication, Visual Art and Computing (FCVAC) Menggunakan Teknik Systyem Usability Scale (SUS),” Journal of Computer and Information Systems Ampera, vol. 1, no. 1, hlm. 16–28, Feb 2020, doi: 10.51519/JOURNALCISA.V1I1.2.

D. Setiawan dan S. L. Wicaksono, “Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 2, no. 1, hlm. 71–78, Jun 2020, doi: 10.21580/WJIT.2020.2.1.5792.

A. C. Zarkasi, A. S. Wardani, dan S. Sucipto, “ANALISA USER EXPERIENCE TERHADAP FITUR DI APLIKASI ZENIUS MENGGUNAKAN HEART FRAMEWORK,” METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, vol. 6, no. 2, hlm. 174–179, Okt 2022, doi: 10.46880/JMIKA.VOL6NO2.PP174-179.

I. Maryati, E. I. Nugroho, dan Z. O. Indrasanti, “Analisis Usability pada Situs Perpustakaan UC dengan Menggunakan System Usability Scale,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 1, hlm. 362–369, Jan 2022, doi: 10.30865/MIB.V6I1.3472.

A. A. Ngurah Hary Susila dan D. M. Sri Arsa, “Analisis System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Perancangan Aplikasi E-Marketing Artshop Berbasis Web,” Techno.Com, vol. 21, no. 2, hlm. 268, Mei 2022, doi: 10.33633/TC.V21I2.5949.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Atma Agilia Triwardani, Muhlishoh Husna Ulfiah, Krisna Fahrizal Dzatama

Downloads

Download data is not yet available.