Analisis Performa Motor XXX Dengan Variasi Model Katup Dan Bahan Bakar
PDF

Keywords

Bahan Bakar
Katup
Performa

How to Cite

Ikhsan, M. ., & Istiqlaliyah, H. . (2020). Analisis Performa Motor XXX Dengan Variasi Model Katup Dan Bahan Bakar. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 299–304. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.499

Abstract

Peminat sepeda motor akhir-akhir ini semakin meningkat, hal inilah yang menjadikan industri sepeda motor semakin berinovasi menjadi lebih baik lagi, salah satu inovasi yang bisa di lakukan adalah merubah katup/valve. katup merupakan bagian kendaraan yaitu pintu keluar masuknya bahan bakar dari karburator menuju ruang pembakaran dan keluar dari ruang pembakaran menuju kenalpot, selain itu jugasebagai penahan tekanan pembakaran (kompresi). Untuk itu dilakukan satu penelitian dengan tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara katup standart, katup modifikasi 1 (muka datar), dan katup modifikasi 2 (muka cekung) dengan bahan bakar pertalite dan pertamax pada sepeda motor XXX terhadap daya, torsi serta konsumsi bakarnya.Hasil penelitian kemudian di analisis dengan menggunakan ANOVA. Pengujian dilakukan pada rpm 2500-4500 dengan beban penuh. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perfoma terbaik ini dihasilkan oleh modifikasi 1 katup standart. Torsi tertinggi dihasilkan dari katup muka datar (flad) dengan bahan bakar pertamax yaitu sebasar 2.12, 1.85, 1,52 (kgf.m). sedangkan Daya efektif tertinggi juga dihasilkan dari katup muka datar (flad) dengan bahan bakar pertamax yaitu sebasar 7.365, 8.982, 9.560 (HP). Sedangkan pada Konsumsi bahan bakar yang efensien dihasilkan dari katup muka datar (flad) dengan bahan bakar pertamax yaitu sebasar 14.16, 15.6, 15.96.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.499
PDF

References

Widodo, Wahyono Sapto, Hesti Istiqlaliyah. 2015. Perencanaan Mesin Pengiris Bawang Merah Dengan Pengiris Vertikal (Shallot Slicer) Dengan Kapasitas 1Kg/Menit. Jurnal Nusantara Of Engineering. Vol 2 No. 1. Hal 30-36.

Santoso, Drajat. 2015. Modifikasi katup standart menjadi katup racing. http://drasan-informasi.com/cara-modifikasi-klep-standar-jadi-racing/. ,diakses 4 November 2017.

Rahman, M.D, Wigraha, N.A,Widayana ,G. 2017. Pengaruh Ukuran Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit, Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (JJPTM) UNDIKSHA. Vol: 8 No: 2.

Santoso. 2009. Pengaruh modifikasi dimensi katup intake pada sepeda motor Yamaha Scorpio untuk keperluan drag race.Bachelorthesis, Petra Christian University.

Susanto, Eko. 2011. Modifikasi sudut katup dan poros nok motor Supra X untuk Meningkatkan perfoma mesin.Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, Nurliansyah. 2013. Pengaruh Jenis Bahan Bakar Dan Variasi Rasio Kompresi Terhadap Torsi Dan Daya Pada Motor Shogun Fl 125 SP 2007.https://eprints.uns.ac.id/15079/. diakses 4 November 2017.

Yonatan, Andy. 2012. Menghitung torsi dan daya mesin.http://andyyonatan.blogspot.com/menghitung-torsi-dan-dayamesin.html. diakses 4 November 2017.

Butar, & Hazwi. 2014. Scf Pengaruh Variasi Penambahan Alkohol 96% Pada Bensin Terhadap Unjuk Kerja Motor Otto.Universitas Sumatera Utara, Medan. Vol: 10 No: 2 Tahun 2014.

Hidayat, Anwar. 2017. Penjelasan Lengkap ANOVA Sebagai Analisis Statistik. http://www.statistikian.com/2017/06/anova-sebagai-analisis-statistik.html/ampdiakses 30 Januari 2018.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 M. Ikhsan, Hesti Istiqlaliyah

Downloads

Download data is not yet available.