Analisa Pengaruh Variasi Sudut Tatal Dan Kecepatan Pemakanan Terhadap Kekasaran Permukaan Benda Material ST-42
PDF

Keywords

Kecepatan Makan
Kekasara
Sudut Tatal

How to Cite

Ramadan, R. P. . (2020). Analisa Pengaruh Variasi Sudut Tatal Dan Kecepatan Pemakanan Terhadap Kekasaran Permukaan Benda Material ST-42. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 263–268. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.493

Abstract

Salah satu produk yang dituntut memiliki kekasaran permukaan yang rendah adalah poros. Hal ini disebabkan oleh bentuk dan kekasaran permukaan produk tersebut berkaitan dengan gesekan, keausan, sistem pelumasan dan lainnya. Permasalahan penelitian ini adalah perlunya mengetahui pengaruh variasi sudut tatal dan variasi kecepatan makan terhadap kekasaran permukaan benda kerja pada proses bubut material ST 42. Metodologi penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pengukuran kekasaran permukaan pada 9 benda kerja dengan tiga titik atau tiga kali pengujian menggunakan variasi sudut tatal dan kecepatan pemakanan yang berbeda-beda, yaitu sudut tatal 5°, 10°, 15° dan kecepatan makan 0,05mm/min, 0,10mm/min, 0,15mm/min. Berdasarkan analisa data diperoleh nilai kekasaran permukaan pada material benda kerja ST 42 yang terkecil sebesar 1,61μm dengan sudut tatal 15° dan kecepatan makan 0,05mm/min. Sedangkan nilai kekasaran terbesar adalah 3,067µm dengan sudut tatal 5°dankecepatan makan 0,15 mm/min. Jadi untuk setting yang paling baik adalah pada sudut tatal 15° dan kecepatan pemakanan 0,05m/min. Sehingga setelah dilakukan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa semakin besar sudut tatal akan semakin rendah tingkat kekasarannya. Begitu sebaliknya, jika sudut tatal semakin kecil, semakin tinggi tingkat kekasaran yang dihasilkan. Sedangkan untuk kecepatan makan, semakin tinggi kecepatan makan semakin tinggi tingkat kekasarannya. Dan semakin rendah kecepatan makan semakin rendah juga tingkat kekasarannya.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.493
PDF

References

Azhar, M, C. 2014. Analisa Kekasaran Permukaan Benda Kerja denganVariasi Jenis Material dan Pahat Potong. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Farizi Z Adyuta, Sutikno Endi, Sulistyo Erwin. 2015. Pengaruh Variasi Sudut Potong Mayor dan Feeding Terhadap Kekasaran Permukaan Hasil Proses Bubut Tirus Aluminium 6061. Malang: Universitas Brawijaya.

Ichlas Nur dan Andriyanto. 2009. Pengaruh Variabel Pemotongan Terhadap Kualitas Permukaan Produk Dalam Meningkatkan Produktifitas. Politeknik Negri Padang.

Jonoadji, N., Dewanto, J., 1999. Pengaruh Parameter Potong dan Geometri Pahat Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Bubut. Jurnal, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Kristen Petra.

Rochim, Taufik. 2007. Klasifikasi Proses, Gaya dan Daya Pemesinan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Husein, Saddam. 2015. Pengaruh Sudut Potong Terhadap Getaran Pahat dan Kekasaran Permukaan Pada Proses Bubut Mild Steel ST42.Jurnal Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Jember.

Yusri M. dan Ashmed. 2010. Pengaruh Parameter Pemotongan Terhadap Kekasaran Permukaan Proses Bubut Untuk Material ST37. Politeknik Negri Padang.

Zubaidi, A. 2012, Analisa Pengaruh Kecepatan Putar dan Kecepatan Pemakanan Terhadap Kekasaran Permukaan Material FCD 40 Pada Mesin Bubut CNC. Jurnal Unwahas, Semarang.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Rahmat Panji Ramadan

Downloads

Download data is not yet available.