ANALISIS CUSTOMER BEHAVIOUR DENGAN PERTIMBANGAN FAKTOR TRANSPORTATION USEABILITY PREFERENCE (GOJEK SURABAYA)
PDF

Keywords

GO-JEK
Faktor Prefrensi Customer
Metode Regresi Linier Berganda
Model FGD

How to Cite

Saadillah, F. ., Sudarso, I. ., & Lukmandono, L. (2020). ANALISIS CUSTOMER BEHAVIOUR DENGAN PERTIMBANGAN FAKTOR TRANSPORTATION USEABILITY PREFERENCE (GOJEK SURABAYA). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 205–212. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.484

Abstract

Kebutuhan masyarakat yang beragam dan dimanjakan dengan kemajuan teknologi  menuntut penyedia jasa transportasi online GO-JEK memberikan beberapa fitur layanan untuk pelangganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh factor-faktor penentu prefrensi customer terhadap perilaku konsumen dalam pemilihan moda tranportasi GO-JEK serta dampaknya terhadap nilai perusahaan dengan metode regresi liner berganda dan FGD. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Metode regresi linier berganda menunjukkan bahwa besarnya kontribusi Kualitas Jasa sebesar 26,2% , besarnya kontribusi Promosi sebesar 7,2% dan besarnya kontribusi Harga jasa sebesar 32,1% yang menunjukkan besarnya pengaruh Harga Produk terhadap customer behavior Penggunaan GOJEK masyarakat Gubeng Surabaya. Hasil dari diskusi FGD menghasilkan beberapa point antara lain : 1). Untuk mempertahankan penggunaan jasa transportasi GOJEK dan menambah pasar yang ada di Surabaya khususnya maka perlunya optimasi harga yang lebih ekonomis  dan yang ditunjang dengan ada free antar-jemput untuk pelanggan yang sudah menggunakan jasa GOJEK selama 10 kali berturut-turut dengan akun yang sama. 2). Adanya standarisasi kendaraan dan ketepatan waktu tunggu,antar dan rute sesuai dengan yang tertara pada aplikasi konsumen. 3) Perlunya penambahan media promosi elektronik dengan system bundling dengan beberapa smartphone sehingga memudahkan pelanggan gadget baru untuk mengakses aplikasi tanpa perlu mengistal dulu.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.484
PDF

References

Nufus, Riyadlatin. 2014. Penerapan Sistem dan Teknologi Informasi pada GO-JEK. Vol 3. 34-35, http://datinnufuswordpress.com/2016/10/30/penerapan-sistem-dan-teknologi-informasi-pada-GOJEK diakses pada tanggal 05 Januari 2018.

Heru, P. 2016. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Preferensi Konsumen Go-Jek Di Kota Jakarta. Jakarta.

Harish, A.G dan Wardhana . 2016. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Preferensi Konsumen Go-Jek Di Kota Jakarta. Jakarta.

Ajzen, I.,dan Fishbein, M.,1974. Factors Influencing Intentions and the Intention-Behavior Relation,Human Relation, Vol.27 (1), 1-15.

Irwanto. 1998. Focus Group Discusion (FGD), Sebuah Pengantar Praktis. Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat. Jakarta.:Universitas Katolik Atma Jaya.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Fathi Saadillah, Indung Sudarso, Lukmandono Lukmandono

Downloads

Download data is not yet available.