Investigasi Pengaruh Variasi Temperatur Terhadap Ketangguhan Material Poros Roda Sepeda Gunung Tipe Front Axle
PDF

Keywords

temperatur
ketangguhan
kekuatan impact
poros sepeda

How to Cite

Ilham, M. M. ., Mufarrih, A. ., & Safrudin, M. . (2020). Investigasi Pengaruh Variasi Temperatur Terhadap Ketangguhan Material Poros Roda Sepeda Gunung Tipe Front Axle. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 167–172. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.478

Abstract

Poros roda merupakan bagian paling penting pada proses berputarnya roda dan sebagai tumpuan utama pada sepeda. Komponen ini dirancang dengan spesifikasi yang sudah ada untuk sepedah gunung. Poros roda harus tahan terhadap berbagi keadaan termasuk ketahanan kejut pada keadaan yang tidak diduga dan pada temperatur tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketangguhan pada bahan poros roda depan sepeda gunung type Front Axle (5/16 x 140 mm) Pada keadaan temperatur 0˚C, 30˚C dan 100˚C dan mengetahui pengaruh keadaan temperatur terhadap energi impact. Analisa data penelitian menggunakan Analysis Of Variance (ANOVA) dengan bantuan software minitab 16. Hasil penelitian menunjukkan nilai impact tertinggi pada temperatur 100˚C sebesar 0.056272 kgm/mm2,Nilai impact terendah pada temperatur 0˚C sebesar 0.053464 kgm/mm2. Hasil ANOVA menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel dan P-Value < α (0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa keadaan temperatur berpengaruh terhadap ketangguhan atau kekuatan impact. Dapat di ketahui bahwa nilai impact tertinggi pada keadaan 100˚C, dimana pada  keadaan ini poros roda sepeda gunung digunakan pada saat kecepatan tinggi dan temperatur poros meningkat dari temperatur keadaan awal sampai temperatur 100˚C.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.478
PDF

References

____________________________. Sepeda [online], (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/sepeda, diakses tanggal 10 Januari 2018)

Ballantine. 2000. The ultimate bicycle book. Dorling: Kindersly.

_____________________________. Biografi Baron Karl Von Drais-Penemu Sepeda [online], (https://www.biografiku.com/2011/09/biografi-baron-karl-von-drais-penemu.html, diakses tanggal 10 Januari 2018).

Jacko, Ahmad. 2014. Pengertian dan macam-macam poros [online], (http://otomotif-er.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-dan-macam-macam-poros.html, diakses tanggal 10 Januari 2018).

Faisal, Ahmed. 2015. Laporan pengujian impact. Yogyakarta: UGM.

Dany. 2010. Pengujian impak dan fenomena patahan. [online], (https://danidwikw.wordpress.com/2010/12/17/pengujian-impak-dan-fenomena-perpatahan/, diakses tanggal 10 Januari 2018).

Zuchry, Muhammad. 2012. Pengaruh temperatur dan bentuk takikan terhadap kekuatan impact. Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tadulako Palu.

Nada, Falich. 2015. Laporan praktikum metalurgi. [online], (http://falichnada.blogspot.co.id/2015/11/universitasmuhammadiyah-malang.html, diakses tanggal

Januari 2018).

Mufarrih, Am. 2017. Pengaruh Parameter Proses Gurdi Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Material KFRP Komposit. Seminar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI Kediri.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Mohammad Muslimin Ilham, Am. Mufarrih, Moch Safrudin

Downloads

Download data is not yet available.