Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah saat ini mampu menciptakan lapangan kerja baru sehingga bisa diharapkan mengangkat perekonomian suatau daerah.. Ada permasalahan yang mendasar dan selalu menjadi hambatan pelaku usaha mikro yaitu tentang pemasaran produk. Perlu di pahami, tidak semua pelaku usaha mikro memiliki sumber daya manusia yang siap dengan perubahan teknologi informasi. Pada umumnya kebanyakan masyarakat memanfaatkan teknologi informasi hanya untuk menjalin hubungan komunikasi dengan orang lain. Padahal keberadaan teknologi informasi bisa mendukung kegiatan ekonomi khususnya dalam hal pemasaran produk berupa barang dan jasa. Penelitian ini menggunakan analisis PIECES, analisis SWOT dalam memberikan usulan rekomendasi strategi pemasaran yang aplikatif melalui media sosial. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman bahwa usaha mikro sangat memerlukan pendampingan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran produk sehingga mampu bersaing secara nasional dan internasional, penerapan startegi pemasaran melalui media sosial mampu meningkatkan penjualan dengan signifikan
References
Undang-undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Afrillita T. Nur, 2013. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda.
David, Fred. R, 1996. Strategic Management. Edisi ke Enam. Prentice Hall lnternatianal, Inc., Francis Marian University, 1996.
David, Fred. R, 2006. Strategic Management: Consepts and Cases, 10th Ed.
Gitosudarmo, Indri, 2001. Manajemen Pemasaran, ANDI, Yogyakarta.
Kaplan, Haenlein., 2010."Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media".
Katili, Putiri Bhuan, dkk. 2008. Perumusan Strategi Bersaing Dengan Metoda AHP dan QSPM Pada Industri Kecil Menengah.
Kotler, P, 2000. Marketing Management : An Asian Perspective. Prentice Hall, Edisi Milenium.
Rangkuty, Freddy. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cetakan Kedua, Penerbit PT. Gramedia Pustaka, Jakarta, 1997
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Endra Yuafanedi Arifianto