PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI BPR HAMINDO PARE MENGGUNAKAN METODE BE VISSTA PLANNING
PDF

Keywords

Strategi SI/TI
BPR
Be Vissta Planning

How to Cite

Irawan, R. H. ., Suyanto, M. ., & Henderi, H. (2020). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI BPR HAMINDO PARE MENGGUNAKAN METODE BE VISSTA PLANNING. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 419–428. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.435

Abstract

Peran Sistem Teknologi Informasi tidak hanya untuk efisiensi dan efektivitas melainkan juga peran strategik untuk memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini untuk melakukan perencanaan strategis sistem informasi BPR Hamindo Pare menggunakan metode be vissta planning. Hasil penelitian berupa portfolio sistem informasi mendatang menggunakan portfolio McFarlan dengan metode BVP melalui pengamatan langsung proses di BPR. Hasil portofolio menunjukkan posisi BPR Hamindo Pare pada Kwadran I yang berarti posisi berada pada pasar yang pertumbuhannya tinggi, namun pangsa pasar yang dimiliki relative rendah. Arah kebijakan yang tepat untuk dilaksanakan adalah meningkatkan peranan BPR Hamindo Pare dalam berbagai kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Arah kebijakan tersebut berdasarkan pada stable growth strategy, artinya dapat menggunakan strategi pertumbuhan peran namun dilakukan secara bertahap sesuai skala prioritas. Pelayanan yang diberikan oleh BPR Hamindo selama ini tanpa disertai riset yang mencukupi dan hanya berdasarkan intuisi direktur sehingga dalam pengambilan kebijakan terkait dengan SI maupun terkait dengan kebijakan lainnya tidak berdasarkan riset yang cukup sehingga pengembangan SI khususnya bagian Riset dan Develeopment hendaknya dapat diases oleh seluruh user sistem sehingga dapat dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan tindakan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.435
PDF

References

Wisdaningrum, O. 2013 . Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Dalam Lingkungan Perusahaan. (Vol.1), No. 1. April 2013

Yong Dirgiatmo, 2015. Analysis Of The Potential Use of Social Networking for the Success of Strategic Business Planning in Small and Medium-Sized Enterprises. Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Rome-Italy, Sebelas Maret University, Surakarta (2015).

Adriano Olímpio Tonelli, Paulo Henrique de Souza Bermejo, dkk, 2014. Strategic Planning of Information Technology in Organizations of Brazil Using BSC JISTEM J.Inf.Syst. Technol. Manag São Paulo Brazil.

Yongki Pratama, Lenny Prima Hardiyanti, dkk, 2013. Perencanaan strategis sistem informasi pada wisma grand kemala Palembang. Seminar Nasional STMIK MDP (2013).

Masyur Firdaus, 2012. Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). Jurnal Pokommas (2012).

Carla Wilkin, 2012. Strategic Information System Planning An Empirical Evaluation of Its Dimensions. Narciso Cerpa Journal of Technology Management and Innovation, Universidad Alberto Hutardo.

Sandy Kosasi, 2012. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada PTA.J Sequis Life Star Group gency Cabang Pontianak. Jurnal Socioscientia Kopertis Wilayah XI Kalimantan (2012).

Imelda, 2008. Penerapan Metodologi Be Vissta Planning Pada Konsultan Teknik Dan Manajemen Studi Kasus PT. Virama Karma. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, Universitas Budi Luhur Jakarta. Jakarta: Jurnal Universitas Indonesia

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Rony Heri Irawan, M. Suyanto, Henderi Henderi

Downloads

Download data is not yet available.