Abstract
Mata kuliah Basis data merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa perguruan tinggi, terlebih lagi untuk mahasiswa yang mengambil konsentrasi bidang komputer, dalam pelaksanaan perkuliahan mata kuliah ini seharusnya difasilitasi dengan alat bantu yang dapat digunakan oleh dosen ataupun mahasiswa dalam proses belajar agar belajar tidak monoton. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengembangkan suatu metode ajar yang baru bagi mahasiswa untuk matakuliah basis data dengan membangun sebuah perangkat lunak ajar yang dapat digunakan sebagai alternatif belajar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan ADDIE. Dimana tahapannya terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dengan dibangunnya perangkat lunak ajar Basis Data ini mahasiswa dapat mengetahui informasi mengenai Basis Data sesuai dengan materi ajar yang diberikan oleh dosennya, selain itu mahasiswa juga dapat melatih kemampuan dengan mengerjakan soal-soal ujian yang terdapat pada perangkat lunak ajar tersebut.
References
Agung Nugroho, 2005. Strategi Jitu memilih Metode statistic Penelitian dengan SPSS, Andi Jogyakarta
Pargito. 2010. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan.. Universitas Lampung: Program Pasca Sarjana Pendidikan IPS
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Shelton, K., & Slatsman, G. 2008. Applying the ADDIE Model to Online Instruction.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Megawaty Megawaty