IMPLEMENTASI METODE NAÏVE BAYESPADA SPK UNTUK MEMPREDIKSI POLA KELULUSAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA
PDF

Keywords

Data Mining
Kelulusan
Mahasiswa
Naïve Bayes

How to Cite

Rogayah, R., Fajaryanti, J. ., & Banowosari, L. Y. . (2020). IMPLEMENTASI METODE NAÏVE BAYESPADA SPK UNTUK MEMPREDIKSI POLA KELULUSAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 301–308. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.418

Abstract

Mahasiswa adalah aspek penting dalam evaluasi keberhasilan penyelenggaraan program studi pada suatu perguruan tinggi.  Dalam melakukan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh kepala program studi  dibutuhkan data mahasiswa dan data jumlah kelulusan .  Untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja program studi objek penelitian dalam pengambilan keputusan dan kebijakan bagi mahasiswa dibutuhkan sistem yang dapat membantu dalam proses pengolahan data mahasiswa. Dalam mengolah data, dibutuhkan basis data akademik mahasiswa pada  program studi yang terjadi dalam kurun waktu empat (4) tahun. Penggunaan data mahasiswa bertujuan untuk membangun sebuah sistem penunjang keputusan yang dapat menghasilkan klasifikasi atau pola-pola mahasiswa yang lulus tepat waktu berdasarkan hasil penambangan data menggunakan metode Naïve Bayes. Metode penelitian yang digunakan meliputi pembahasan tempat, waktu dan jadwal penelitian, alat dan bahan penelitian, metodologi penelitian, jenis data, dan teknik pengumpulan dan analisis data.  Hasil penelitian ini adalah pola kelulusan mahasiswa sesuai pola yang dihasilkan oleh metode Naïve Bayes sehingga membantu program studi objek penelitian untuk melakukan langkah-langkah tepat bagi mahasiswa yang termasuk ke dalam mahasiswa tidak dapat lulus tepat waktu.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.418
PDF

References

Han, J. dan Kamber, M. 2006. Data Mining Concepts and Techniques Second Edition. Morgan Kauffman. San Francisco.

Hastuti, Khaviizh. Analisis Komparasi Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk Prediksi Mahasiswa Non Aktif. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012), Vol 2, no.2, Juni 2012, Hlm. 241-249.

Dwi Meilani, Budanis, dkk. Aplikasi Data Mining Untuk Menghasilkan Pola Kelulusan Siswa Dengan Metode Naïve Bayes. Jurnal LINK, vol 21, no. 2, september 2014 Hlm. 1-6.

Nugroho, Bunafit 2004. Aplikasi Pemograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL.Gava Media. Yogyakarta.

Peranginangin, Kasiman. 2006. Aplikasi Web Dengan PHp dan MySQL. Andi Offset, Yogyakarta.

Ridwan, Mujib, dkk. 2013. Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Jurnal EECCIS Vol.7, No. 1, Juni 2013 Hlm. 59-64

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Rogayah Rogayah, Julia Fajaryanti, Lintang Yuniar Banowosari

Downloads

Download data is not yet available.