Abstract
Sistem pembangkit listrik hibrid adalah jaringan terkontrol dari beberapa pembangkit tenaga energi terbaharukan seperti; turbin angin, sel surya, mikrohidro dan sebagainya. Fluktuasi frekuensi pada pembangkit terbarukan sangat mempengaruhi kualitas daya dalam hal ini turbin angin yang dihibrid dengan diesel. Permasalahan tersebut disebabkan, seperti tidak optimalnya setting gain dan kecilnya waktu konstan pada Automatic Voltage Regulator, terlalu banyak jaringan transmisi yang panjang sehingga kemampuan lemah (weak line). Dalam penerapannya sistem wind-diesel dikontrol dengan kontroler PID, penyetelan nilai gain dari PID masih dalam metode konvensional saja, sehingga sulit untuk mendapatkan nilai optimal. Dalam penelitian ini diterapkan desain kontrol dengan menggunakan Metode Cerdas dalam mencari nilai optimum Proporsional Intergral Derivatif (PID) untuk mengatur frekuensi beban dengan program Matlab/ Simulink. Pemodelan wind-diesel menggunakan fungsi transfer dari diagram turbin angin dan diesel. Respon sistem dengan Matlab/ Simulink dengan membandingkan dengan sistem tak terkontrol dan dengan metode PID-Trial Error, menunjukkan bahwa besar overshoot dan respon keadaan mantap (Settling Time) pada sistem terkontrol PID-PSO menjadi lebih halus dan lebih cepat.
References
T.S. Bhatti,(1995) : Load frequency control of isolated wind diesel hybrid power systems. Sciencedirect: Energy Conversion and Management. 1995.
S.C.Tripathy. (1995) : Dynamic Performance Of Wind-Diesel Power System With Capacitive Energy Storage. Indian Institute Of Technology. India.
S.C.Tripathy. (1995) : Improved Load-Frequency Control With Capacitive Energy Storage.1995.
T.S. Bhatti,(1997) : Load-frequency control of isolated wind-diesel-microhydro hybrid power systems (WDMHPS). Centre for Energy Studies, Indian Institute of Technology, India. 1997.
Tomas,P. (2003) : Modelling of Wind Turbines for Power System Studies. 2003.
Robandi,I. (2006) : Modern Power System Control. ANDI, Yogyakarta. 2006.
Robandi,I. (2006) : Desain Sistem Tenaga Modern: Optimasi, Logika Fuzzy, dan Algoritma Genetika.ANDI. 2006.
Abidin,Z. (2010) : Pengaturan Frekuensi Beban Hibrid Turbin Angin Diesel Dengan Menggunakan Algoritma Genetika. Jurnal Teknika.2010.
Mohit Singh. (2011) : Dynamic Models for Wind Turbines and Wind Power Plants. 2011.
Tan Wen,(2011) : Load frequency control for wind-diesel hybrid systems. Control Conference (CCC), 2011 30th Chinese.
Hou,J. (2012) : Load frequency control of wind diesel hybrid power systems via predictive control. Control Conference (CCC), 2012 31st Chinese.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Hidayatul Nurohmah, Choiruddin Choiruddin