Abstract
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penggunaan ini meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, penyajian informasi. Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri memiliki berbagai bidang. Salah satunya bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bidang tersebut mampu menyediakan informasi yang berkaitan dengan teknologi media social yang mampu memberikan informasi tentang pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri. Kurangnya informasi tentang pemahaman paspor dan membuat pengguna kebingungan pembuatan paspor sehingga memerlukan waktu lama untuk menanyakan ke petugas imigrasi. memanfaatkan peningkatan efektivitas dalam proses pembuatan paspor, meningkatkan kepuasan pengguna dengan memberikan pengalaman layanan yang lebih baik, dan mempermudah petugas di kantor imigrasi. kualitatif guna menjelaskan hasil fenomena dengan seutuh-utuhnya. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi data penggunaan video animasi selama periode bulan januari,febuari,maret 2023 yang di sediakan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembuatan video animasi tentang proses pembuatan paspor sangat efektif dalam menyampaikan informasi pada pengguna.
References
D. Praditya, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Tingkat Pemerintahan Desa,” J. Penelit. Komun., vol. 17, no. 2, pp. 129–140, 2014, doi: 10.20422/jpk.v17i2.12.
P. Y. Pasaribu and B. Briando, “Pelayanan Publik Keimigrasian Berbasis HAM Sebagai Perwujudan Tata Nilai ‘PASTI’ Kemenkumham,” J. HAM, vol. 10, no. 1, p. 39, 2019, doi: 10.30641/ham.2019.10.39-55.
M. D. Ekananda, “Implementation of Good Governance-Based Public Services in Immigration Sector in Making Passports of the Republic of Indonesia,” J. Adm. Int. Dev., vol. 1, no. 1, pp. 93–104, 2020, doi: 10.52617/jaid.v1i1.229.
H. dan B. M. Waruwu, “Efektivitas Pelayanan Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan,” J. Ilmu Adm. Publik, vol. 1, no. 1, pp. 43–51, 2016, [Online]. Available: http://ojs.uma.ac.id/index.php/publikauma
Andry Indrady, “ANALISIS KEBIJAKAN PENERAPAN KEMBALI ASAS DOMISILI DALAM PERMOHONAN PASPOR RI : PENDEKATAN NORMATIF , SOSIOLOGIS DAN PELAYANAN PUBLIK ( Domicile Basis in the Indonesian Passport Policy : Normative , Sociological and Public Service Approaches ),” pp. 265–282, 2019.
A. B. D. Polanunu and N. K. Rijal, “Menuju Good Governance: Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Kediri Jawa Timur,” NeoRespublica J. Ilmu Pemerintah., vol. 3, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.52423/neores.v3i1.18108.
W. Larasati and R. Kertamukti, “Penanganan Pengaduan Masyarakat Sebagai Pendukung Iklim Organisasi,” J. Komun., vol. 10, no. April 2016, pp. 97–113, 2016.
S. Seituni and R. Akbari, “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Berbasis Website Studi Kasus Siswa Kelas X Akuntansi Lembaga Di Smkn 2 Situbondo Mata Pelajaran Simulasi Digital,” Edusaintek J. Pendidikan, Sains Dan Teknol., vol. 8, no. 1, pp. 11–20, 2021, doi: 10.47668/edusaintek.v8i1.118.
M. Harmitalia, B. Irawan, and T. R. Khaerani, “Efektivitas dan Efisiensi Penerapan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO) Di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) …,” vol. 9, no. 2, pp. 5162–5172, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2021/10/eJournal_Mita_Harmitalia_1702015055(1) (10-01-21-04-39-19).pdf
G. Astria, I. A. Ratnamulyani, and A. A. Kusumadinata, “Analisis Komunikasi Internal di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik,” J. Komun., vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.30997/jk.v2i1.197.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Cantika Putri Hanida Salsabila, Achmad Arif Alfin, Putri Nur Rahayu