Evaluasi Website Intinet Menggunakan Metode Usability Testing
PDF

Keywords

Website
Penyedia Layanan Internet
Pengujian Usability

How to Cite

Gumelar, T. T. ., & Putra, M. A. D. A. . (2023). Evaluasi Website Intinet Menggunakan Metode Usability Testing. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(3), 1197–1206. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3559

Abstract

Website intinet berisi tentang fitur yang bertujuan untuk memberikan informasi dan layanan tentang sebuah internet provider kepada pengguna. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan dari website maka perlu dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui tingkat kemudahan, kenyamanan, dan kepuasan ketika menggunakan website. Website Intinet memungkinkan untuk dikunjungi oleh beragam orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahu itingkat kemudahan, kenyamanan, dan kepuasan pengguna ketika menggunakan website. Masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui kinerja tampilan antarmuka dan masalah usability website. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja website dengan metode usability testing yang kemudian nantinya akan memberikan masukan dalam proses pengembangan website. Metode dalam penelitian ini adalah metode usability testing. Pengujian dilakukan dengan memberikan penugasan kepada responden untuk berinteraksi dengan website dan menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi menu atau navigasi website mana yang lebih efektif pada pengguna perangkat mobile atau desktop.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3559
PDF

References

Sasongko. D. 2016. Pengembangan Antarmuka Perpustakaan Digital Menggunakan Responsive Web Design Dengan Pendekatan User Experience (Studi Kasus Pada Perpustakaan Digital Universitas Surakarta), Tesis, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Sasongko, D. et al., 2016. The Development of Digital Library User Interface by Using Responsive Web Design and User Experience, Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 4(1).

Purwani I., 2011. Evaluasi Usability Situs Web Perpustakaan, Majalah Visi Pustaka, vol. 13, No.3.

Purwani I., Eko N., 2012. Evaluasi Situs Web Perpustakaan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Universitas Gadjah Mada.

Wahyu H et. al., 2014. Penerapan Metode Usability Testing Pada Evaluasi Situs Web Pemerintahan Prabumulih, Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika.

Nielson, Jacob, Usability 101: Introduction to usabability, 2011 [Online]. Available: http://useit.com/alertbox/20030825.html/

Krug, Steve, Don’t Make Me Think! A Common Sense Approach to Web Usability, NewRiders, California, 2006.

Rusidi, Evaluasi Website E-Government Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten OganKomering Ulu dan Ogan Komering Ulu Timur, 2011.

Arikunto. S, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6, Rineka Cipta,Jakarta, 2009.

Hidayat, Wahyu, dkk. 2014. Penerapan Metode Usability Testing Pada Evaluasi Situs

Web Pemerintahan Kota Prabumulih. Jurnal. Palembang. Universitas Bina Darma.

Internetworldstats.com. Pengguna dan Populasi 10 Negara di Asia.2019.

BOC Indonesia. Pengertian Website, Web Hosting, dan Domain Name. 2019.

J. S. Dumas and J. C. Redish, A Practical Guide to Usability Testing, Revised Edition ed., Bethesda: Redish & Associates, Inc, 1999.

J. McCall, Factors in Software Quality, NTIS, 1977.

ISO 9241-11, Part 11 - Guidance on Usability, 1998.

J. Nielsen, Usability Engineering, Academic Press INC ed., 1994.

Lucky S. W., Dimas S., 2017. Evaluasi Antarmuka Website Smk Muhammadiyah 2 Sragen Menggunakan Metode Usability Testing, Vol 8, No 1.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Tutus Tricahya Gumelar, Muhammad Afif Davitra Aditya Putra

Downloads

Download data is not yet available.