Pemesanan Tiket Bus Mengunakan Metode Rule Based
PDF

Keywords

Bus
Rule Based
Tiket
Transaksi

How to Cite

Prayogo, T. A. ., Setiawan, A. B. ., & W, D. W. . . (2023). Pemesanan Tiket Bus Mengunakan Metode Rule Based. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(3), 1037–1044. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3534

Abstract

Bus merupakan salah satu sarana transportasi umum yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari oleh masyarakat, yang digunakan untuk bepergian keluar kota maupun keluar provinsi. Dalam hal ini untuk membeli tiket bus biasanya customers pergi ke agen terdekat dan memesan tiket sesuai dengan keinginan customers. Untuk mengatasi masalah tersebut terdapat system yang dapat membantu pemesanan dan pembayaran tiket bus tanpa harus datang langsung ke agen sehingga dapat memudahkan customer dalam memesan tiket bus. Dalam hal ini system tersebut diterapkan metode rule based dimana metode ini memiliki kondisi IF-THEN sehingga dapat diterapkan dalam system pemesanan dan pembayaran tiket bus. Hasil dari penelitian ini yaitu metode rule based berhasil diterapkan pada system pemesanan dan pembayaran bus pada jadwal bus penuh akan otomatis diganti jadwal 1 hari setelah tanggal customers pilih dan Ketika 1 hari juga jadwal tidak tersedia maka akan ditambahkan terus sampai terdapat jadwal yang masih ada. Dari hasil dapat disimpulkan yaitu sistem pemesanan dan pembayaran tiket bus menggunakan metode rule based bis membantu untuk mempermudah pemesanan dan pembayaran tiket bus.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3534
PDF

References

P. Hastuti and T. Informasi, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Manajemen Pelanggan dengan Fitur Analisis Data dan Laporan pada Perusahaan Distribusi.”

P. P. Sumber et al., “Sistem Informasi Pemesanan Tiket Shuttle Berbasis Web,” Online. [Online]. Available: www.Ijns.org

W. Suci and S. Samsudin, “Algoritma K-Nearest Neighbors dan Synthetic Minority Oversampling Technique dalam Prediksi Pemesanan Tiket Pesawat,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 3, p. 1775, Jul. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4374.

F. Azim, I. Akhmad, H. Purwanto, K. Anshari, and S. Sunanto, “EFEKTIVITAS PENERAPAN INTERNET MARKETING 4.0 TERHADAP PEMESANAN TIKET TRAVEL PEKANBARU DURI DUMAI,” Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 6, no. 1, pp. 14–23, Jan. 2021, doi: 10.36341/rabit.v6i1.1531.

M. Rizky and Y. Sugiyani, SNARTISI Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi Sistem Informasi Pemesanan E-Tiket Kapal Laut pada PT. Bandar Bakau Jaya.

A. Pujohardiyanto and S. Rofiah, “Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat dengan Codeigniter dan Bootstrap,” BINA INSANI ICT JOURNAL, vol. 6, no. 1, pp. 103–112, 2019.

M. M. Purba, “PEMESANAN TIKET KERETA API ONLINE (E-Ticketing) MENGGUNAKAN APLIKASI KAI Access.”

M. Khathab and M. Rasyid Ridha, “SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET PADA INDAH TRAVEL BERBASIS WEB 1.”

A. S. Putra, “KONSEP KOTA PINTAR DALAM PENERAPAN SISTEM PEMBAYARAN MENGGUNAKAN KODE QR PADA PEMESANAN TIKET ELEKTRONIK,” 2020.

Y. Anestasya, A. Hafiz, H. Setiawan, A. Komarudin, and A. Dian Cipta Cendikia Bandar Lampung, “APLIKASI PEMESANAN TIKET BUS PADA PO. PUSPA JAYA BERBASIS ANDROID.”

A. Muda, S. Huda, and Y. Fernando, “E-TICKETING PENJUALAN TIKET EVENT MUSIK DI WILAYAH LAMPUNG PADA KARCISMU MENGGUNAKAN LIBRARY REACTJS,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 1, pp. 96–103, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

M. H. Simanjuntak, E. Indra, and D. Sitanggang, “SISTEM BERBASIS ANDROID UNTUK RESERVASI TIKET BUS,” Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima, vol. 4, no. 2, 2021.

H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS User Satisfaction Analysis of the KAI Access Application as a Train Ticket Booking Media Using the EUCS Method,” 2021.

M. D. Fahmi, H. Muslimah Az-Zahra, and R. K. Dewi, “Perbaikan Usability Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

M. A. Muljanto, “Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo,” Jurnal Ilmiah Pangabdhi, vol. 6, no. 1, pp. 40–43, Jun. 2020, doi: 10.21107/pangabdhi.v6i1.6926.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Tansen Aji Prayogo, Ahmad Bagus Setiawan, Danang Wahyu W

Downloads

Download data is not yet available.