PENGGUNAAN METHODE ANT COLONY ALGORITHM UNTUK PENGATURAN PITCH ANGLE PADA TURBIN ANGIN
PDF

Keywords

Ant Colony Algorithms
pitch angle
Turbin Angin

How to Cite

Rukslin, R., & Muhlasin, M. (2020). PENGGUNAAN METHODE ANT COLONY ALGORITHM UNTUK PENGATURAN PITCH ANGLE PADA TURBIN ANGIN. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 037–044. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.348

Abstract

Meningkatnya beban listrik ke konsumen sangat mempengaruhi pasokan listrik. Dampaknya  apabila beban listrik bertambah maka daya yang dikeluarkan oleh generator menjadi bertambah. Sumber energi listrik yang berada di Indonesia secara umum didominasi oleh energi primernya berasal dari bahan batubara atau fosil. Sumber energi yang berasal dari batubara atau fosil merupakan bahan yang tergolong tidak terbarukan. Pembangit Listrik Tenaga Angin merupakan Pembangkit Listrik yang sumber energinya terbarukan apabila terjadi aksploitasi energi maka tidak akan membuat energi menjadi berkurang. Pada paper ini membahas tentang methode Ant Colony Algorithm (ACO) yang di gunakan untuk tunning PID controller dalam pengaturan pitch angle untuk mendapatkan kecepatan turbin yang optimal. Saat kecepatan angin rendah dibawah nilai rata - rata, pengaturan kecepatan harus dapat mempertahankan kecepatan pada sebuah level. Kemudian akan memberikan daya output yang maksimum, sehingga efisiensi turbin akan meningkat. Pengaturan pitch angle diperlukan dalam kondisi kecepatan angin diatas yang diinginkan. Perubahan kecil pada pitch angle dapat mempengaruhi output daya. Pitch angle kontrol adalah salah satu cara untuk menyesuaikan torsi aerodinamik pada turbin angin saat kecepatan angin berada diatas nilai kecepatan. Uji coba yang dilakukan hasil running program bahwa sistem tuning menggunakan metode ACO  paling optimal dan stabil dibandingkan dengan metode PID Controller dan PID Ziegler-Nichols.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.348
PDF

References

. Machrus Ali, Soedibyo, Imam Robandi, Desain Pitch Angle Controller Turbin Angin Dengan Permanent Magnetic Synchronous Generator (PMSG) Menggunakan Imperialist Competitive Algorithm (ICA), SENTIA 2015, Volume 7 – ISSN: 2085-2347E

. Abdulhamed Hwas, Reza Katebi, Wind Turbine Control Using PI Pitch Angle Controller. IFAC Conference on Advances in PID Control, Brescia (Italy), March 28-30, 2012.

. Yousif El-Tous, Pitch Angle Control of Variable Speed Wind Turbine, American J. of Engineering and Applied Sciences 1 (2): 118-120, 2008, ISSN 1941-7020.

. Abdulhamed Hwas, Reza Katebi, Wind Turbine Control Using PI Pitch Angle Controller. IFAC Conference on Advances in PID Control, Brescia (Italy), March 28-30, 2012.

. Shuhui Li, Timothy A. Haskew, Richard P. Swatloski, William Gathings, Optimal and Direct-Current Vector Control of Direct-Driven PMSG Wind Turbines, IEEE Transactions On Power Electronics, Vol.27, No.5, May 2012.

. P. Pieter, and D. Wiria, “Sistem pengendalian PID yang diaplikasikan pada pengendalian Steam Turbin dengan Single Variable Input dan Single Output,” vol. 9, no. 2, pp. 140-154, Smartek, 2011

. E. C. Wijaya and I. Setiawan, “Auto Tuning PID Berbasis Metode Osilasi Ziegler-Nichols Menggunakan Mikrokontroler AT89S52 pada Pengendalian Suhu,” pp. 1–12, 2005.

. Yang, X. S. (2009). "Ant Colony Optimization for

multimodal optimization". Stochastic

Algorithms: Foundations and Applications,

SAGA 2009. Lecture Notes in Computer

Sciences 579

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Rukslin Rukslin, Muhlasin Muhlasin

Downloads

Download data is not yet available.