DESIGN of APPLICATION of LEARNING in the HUMAN DIGESTIVE SYSTEM BASED MULTIMEDIA for STUDENTS SDLB part B HEARING IMPAIRED
PDF

Keywords

materi pelajaran IPA/Sains
Sistem Pencernaan pada Manusia
Tunarungu
multimedia.

How to Cite

Effendi, D. ., Hardiyana, B. ., & Gustiana, I. . (2020). DESIGN of APPLICATION of LEARNING in the HUMAN DIGESTIVE SYSTEM BASED MULTIMEDIA for STUDENTS SDLB part B HEARING IMPAIRED. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 001–010. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.339

Abstract

Secara umum materi pelajaran IPA/Sains yang terdapat di kurikulum Sekolah Dasar membutuhkan penjelasan secara visual tidak hanya dengan menggunakan gambar yang terdapat di buku atau yang dikenal dengan pengajaran konvensional. Hal ini berlaku juga di kurikulum  pengajaran IPA/Sains untuk SDLB Bagian B Tunarungu.  Seperti diketahui penyandang tunarungu mempunyai keterbatasan dalam pendengaran, namun dengan memaksimalkan kemampuan visual yang dimiliki, maka materi pengajaran yang sulit dijelaskan dengan menggunakan cara konvensional dapat disajikan dengan aplikasi program dengan menggabungkan visual, animasi dan audio yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Konsep aplikasi program seperti ini dikenal dengan multimedia. Materi yang sulit dijelaskan secara konvensional yaitu Sistem Pencernaan Pada Manusia,  Sistem pada Pernafasan pada Manusia dan Hewan. Untuk menghasilkan aplikasi program yang sesuai dengan kebutuhan, maka diperlukan perancangan program terlebih dahulu. Penelitian ini membahas perancangan sistem dan perancangan antar muka pengguna dari program aplikasi sistem pencernaan pada manusia berbasis multimedia. Perancangan sistem menggunakan Object Oriented Approach, dengan alat bantu perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML) yaitu Use Case, Sequence Diagram, Class Diagram. Penelitian ini merupakan bagian dari hasil penelitian program   BP3IPTEK Provinsi Jawa Barat Program Kegiatan Peningkatan Kualitas Penelitian Dosen PTS/N Dan Politeknik Untuk Pembanguan Jawa Barat Tahun 2016.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.339
PDF

References

Effendi, Diana., Hardiyana, Bella., Cahyana, Yayan. Laporan Akhir IbM SDLB Bagian B, 2014.

Effendi, Diana.,Learning Application Using Multimedia For 5th Graders Elementary School Student about “Photosynthesis in Plants”, Proceding The 1st Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC), ISBN : 987-602-70378-0-9, pp.927-934, Mei, 2014.

Effendi, Diana., Program Aplikasi Pembelajaran IPA MAteri Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Siswa Kelas V SDLB Bagian B (Tuna Rungu) Berbasis Multimedia, Prosiding SNETE ke-4 Jurusan Teknik Elektro Universitas Unsyiah Banda Aceh, ISSN : 2088-9984, pp.5-10, Agustus, 2014.

Effendi, D., Hardiyana, B. and Gustiana, I., 2016. PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA SDLB BAGIAN B TUNA RUNGU MENGGUNAKAN OBJECT ORIENTED APPROACH. Jurnal Simetris, 7(2), pp.605-618.

Effendi, D. and Mulyanto, A., 2015. 9. Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Warga (SITAWAR) Tingkat Rukun Tetangga. Jurnal Sistem Informasi, 9(2).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Diana Effendi, Bella Hardiyana, Iyan Gustiana

Downloads

Download data is not yet available.