Abstract
Puskesmas memiliki peran penting sebagai organisasi yang berkomitmen dalam bidang pelayanan kesehatan. Puskesmas dianggap sebagai pusat kesehatan masyarakat yang lebih terjangkau,baik dari segi biaya dan lokasi, yang tersebar disetiap subdivisi. Penulis melakukan studi kasus di Puskesmas Sawahan yang terletak di Sidorejo,Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Saat ini keberadaan puskesmas khususnya didesa sebagai penyedia pelayanan kesehatan sangat penting bagi masyarakat. Puskesmas adalah tempat pelayanan medis, layanan kesehatan masyarakat,kesehatan sekolah,lkesehatan mulut, kesehatan mata dan masih banyak lagi. Biarpun lebih banyak orang menggunakan layanan puskesmas untuk isu-isu terkait khususnya didesa-desa,seperti puskesmas didesa sawahan. Di puskesmas beberapa pelayanan, yaitu ruang pendaftaran, ruang tindakan, laboratorium, Poli Gizi, Poli Umum, Poli Gigi, Apotik, dan Administrasi. Seluruh ruang tunggu dimasing-masing ruang pelayanan digabung menjadi satu sehingga ruang tunggu penuh pasien, apalagi nomor antrian masih menggunakan kertas atau masih manual. Sistem antrian berbasis android dapat membantu calon pasien yang ingin berobat dengan mudah mendapatkan nomor antrian tanpa harus datang ke puskesmas secara langsung.
References
D. K. B. (2019). Profil Kesehatan Kota Bandung Tahun 2019, Bandung: Dinas Kesehatan, 2019.
A, Saefullah, D. Ariyani, A. Rienauld. (2014). Sistem Notifikasi Antrian Berbasis Android. CCIT Journal, 402-419.
Nengsih, Y. G. (2020). Optimalisasi Antrian Menggunakan Metode Single Channel Single Phase ( Studi Kasus DR. Reksodiwiryo Padang ). Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 5(1), 30–39.
UNY, “Teori Antrian” [Online], Available:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132255128/pendidikan/teori-antrian-materi-kuliah-1.pdf.[Diakses 3 April 2022].
Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–47.
A. Dewantara, E. Esterina, L.Alri et al. (2021). Aplikasi Antrean Online Berbasis Website dan Mobile (Studi Kasus Puskesmas Babatan). Teknik Informatika, 4-5.
D. Ryanto. (2020). Sistem Informasi Antrian Pasien Klinik Umum (Studi Kasus Klinik Sutomo). Teknik Informatika, 7–8.
E. Rosellawati. (2018). Evaluasi Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Puskesmas di Wonosobo, 1(76).
S. Aziz, T. Riza, R. Tulloh. (2015). Pasien Pada Dokter Umum Berbasis Android Dan Sms Gateway Design. Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, 71-82.
Y. Apridiansyah. (2021). Aplikasi Antrian Pembayaran Uang Kuliah Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fifo Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 3, 91-103.
S. Syam,A. Wahyuningsih (2020). Prototype Sistem Pendaftaran Pasien Pada Klinik “Anugrah” Berbasis Android, 8, 107-118.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Erlyen Agustina