Implementasi Sistem Tracking Paket Barang Berbasis WEB
PDF

Keywords

Metode Hill Climbing
Tracking
dan Website

How to Cite

Setiawan , A. A. . (2022). Implementasi Sistem Tracking Paket Barang Berbasis WEB. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 433–438. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2626

Abstract

Jasa pengiriman barang atau ekspedisi merupakan salah satu jenis usaha yang banyak dibutuhkan saat ini. Raden Mas Kurir Delivery merupakan jasa perseroan perorangan, merupakan jasa yang bergerak di bidang Jasa pengiriman .Dalam pengiriman masih di ruang lingkup di daerah kediri saja. Ada beberapa Permasalahan yaitu kurir sering mengalami kesulitan dalam pengecekan barang karena tidak ada nomer resi yang menandai barang dan pada proses pengiriman barang dan terjadi kesalahan rute, hal tersebut menyebabkan pemborosan waktu, tenaga dan biaya transportasi. Dengan permasalahan yang telah dibahas sebelumnya maka penulis ingin membuat aplikasi Tracking Paket Barang. Aplikasi Tracking Paket Barang adalah aplikasi berbasis web dengan dengan metode pengembangan perangkat lunak waterfall dan menggunakan konsep Unified Modelling Language (UML). Pada aplikasi tracking paket barang menggunkan metode Hill Climbing dalam mencari rute terpendek lokasi konsumen.  Sistem yang berfungsi untuk menejemen barang dan mengetahui rute terpendek pada proses pengiriman barang .Hasil dari sistem ini adalah kurir akan mengetahui rute terpendek yang akan ditempuh ke lokasi konsumen. Penggunaan aplikasi ini memberikan informasi tentang menejemen barang dan rute pengirimanan sehingga pada proses pengiriman dapat efektif dan efesien.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2626
PDF

References

Yusmaida, Y., Neneng, N., & Ambarwari, A. (2020). Sistem Informasi Pencarian Kos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Hill Climbing. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 68-74.

Renardi, R., & Ula, M. (2017). Sistem Pencarian Rute Terpendek Pendistribusian Produk Menggunakan Algoritma Hill Climbing Search Di Cv Duta

Express. Jurnal Sistem Informasi, 1(1).

Suyanto. 2014. Artificial Intelligence: Searching, Reasoning, Planing, Learning. Informatika. Jakarta.

Dangkua, E. V., Gunawan, V., & Adi, K. (2015). Penerapan Metode Hill Climbing Pada Sistem Informasi Geografis Untuk Mencari Lintasan Terpendek. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 5(1), 19-25.

Rizki, S. N., & Mardiansyah, Y. (2021). Artificial Intelegence Pemanfaatan Metode Hill Climbing Mencari Lintasan Terpendek Objek Wisata Menggunakan sistem Informasi. Elkom: Jurnal Elektronika dan Komputer, 14(2), 361-367.

Fitriati, D., & Nessrayasa, N. M. (2019). Implementasi Algoritma Hill Climbing Pada Penentuan Jarak Terpendek Kota Wisata Di Indonesia. Jurnal Riset

Informatika, 1(3), 127-132.

Kadir, Abdul. 2014. “Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi”. Andi: Yogyakarta.

Raymond McLeod,Jr. 2001. Sistem Informasi Edisi 7 Jilid 2. Prenhallindo. Jakarta

Budi Sutedjo Dharma Oetomo. 2002. eEducation. Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Agus Adi Setiawan

Downloads

Download data is not yet available.