Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Analytical Hierarchy Process (AHP)
PDF

Keywords

AHP
Koperasi
Kredit
Penunjang Keputusan
SAW

How to Cite

Irawati, E. ., Ristyawan, A. ., & Nugroho, A. . (2022). Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 208–215. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2585

Abstract

Koperindo Jatim merupakan koperasi yang bergerak dibidang jasa. Bentuk pelayanan koperasi tersebut adalah menerima simpanan dan memberikan pinjaman uang kepada nasabah (kredit). Dalam melakukan kredit tersebut harus dengan persetujuan dari kepala bagian kredit. Pada analisis kredit masih banyak ditemui karyawan yang memberikan penilaian secara subjektif. Jadi sering terjadi kesalahan penilaian saat memberi pinjaman kepada calon kreditur. Maka dari itu sampai saat ini banyak sekali ditemukan kredit macet.  Untuk membantu pemilihan calon kreditur yang layak perlu dibuat perhitungan yang tepat untuk pendukung keputusan. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang digunakan untuk mencari bobot prioritas dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk mencari alternatif terbaik. Kriteria yang digunakan adalah karakter, pendapatan perbulan, status rumah, nila jaminan, dan jumlah tanggungan. Berdasarkan hasil perhitungan yang diusulkan didapat akurasi 90%. Artinya akurasi ini mendekati nilai baik dan dapat dijadikan salah satu pedoman untuk menentukan calon nasabah yang layak mendapatkan pinjaman dari Koperindo Jatim.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2585
PDF

References

Ahmad, Amar. 2012. Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi: Akar Revolusi Dan Berbagai Standarnya. 13:137–49.

Hasugian, Humisar. 2018. Sistem Penunjang Keputusan Pemberian Kredit Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus: Koperasi Karyawan Gatera Pt Pln (Persero) Area Kebayoran. (Online), tersedia. Retrieved (https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6657).

Astuti, Puji. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Kelayakan Pemberian Kredit Bank. Retrieved (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/5984).

Putra, Angga Sukmana. 2019. Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Nasabah Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) Pada Koperasi Karya Manunggal. 1–9.

Domi, KikiYas, and Detri Amelia Chandra. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus Koperasi Bengkawas Jaya). 3.

Denny Pribadi, Rizal Amegia Saputra, Jamal Maulana Hudin, Gunawan. 2020. Sistem Pendukung Keputusan. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yasdomi, Kiki, and Detri Amelia Chandra. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus Koperasi Bengkawas Jaya). Riau Journal Of Computer Science 3 (1):41–48.

Sahputra, Eka., Sirdian Sahiri. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pemberian Pinjaman Uang Pada Koperasi Simpan Pinjam Dengan Metode Promethee. 1.

Hasan, Patmawati. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Kredit Modal Usaha Pada Pt.Bank Bpr Pmm. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi 7 (1):77–88.

Pradipta, Aldi Yudha, and Anita Diana. 2017. “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier Pada Apotek Dengan Metode AHP Dan SAW (Studi Kasus Apotek XYZ). Sisfotek 3584:107–14.

Aulia Salma Tammayyusdin, Gardika Sandra, Wika Widya Laureta, Daning Nur Sulistyowat. 2021. Sistem Penunjang Keputusan Pemasaran Pada Koperasi Simpan Pinjam Keluarga Sejahtera Dengan Metode AHP. 2 (3):120–28.

Harefa, Kecitaan. 2020. Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Pinjaman Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Simple Additive Weighting (SA W). 5 (2).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Elsa Irawati; Aidina Ristyawan, Arie Nugroho

Downloads

Download data is not yet available.