Laboratorium Komputer Berbasis Diskless Client Di MTs Sunan Ampel Plosoklaten
PDF

Keywords

Debian
Debian Server
Linux Terminal Server Project (LTSP)
Server Diskless
Thin Client.

How to Cite

Yulianto, H. ., Mahdiyah, U. ., & Helilintar, R. . (2022). Laboratorium Komputer Berbasis Diskless Client Di MTs Sunan Ampel Plosoklaten. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 314–319. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2535

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, kondisi Laboratorium komputer di MTs Sunan Ampel Plosoklaten yang yang masih memiliki spesifikasi komputer jenis lama dan beberapa komputer yang tidak memiliki Harddisk sehingga komputer tersebut tidak dapat digunakan. Permasalahan penelitian ini adalah penerapan laboratorium komputer diskless dan cara yang dapat dilakukan untuk manajemen jaringan pada komputer client diskless berbasis LTSP menggunakan sistem operasi linux debian server 10.03 LTS di MTs Sunan Ampel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan harddisk kompueter yang bermasalah dan masih bisa digunakan tanpa menggunakan harddisk sehingga laboratorium komputer dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dan kegiatan ujian. Penelitian ini menggunakan 10 unit komputer client dengan 1 unit komputer server yang sudah ada di laboratororium komputer. Hasil ujicoba 10 komputer dapat berjalan tanpa menggunakan harddisk dengan rata-rata waktu booting masing-masing komputer client antara 1 menit 9 detik detik sampai 1 menit 19 detik, tergantung dari hardware komputer client. Untuk Melakukan manajeman komputer client dapat dilakukan dengan mudah karena semua sistem operasi client berapa pada komputer server. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian penulis merekomendasikan penambahan sistem image local pada komputer yang masih memiliki hard disk fisik sehingga ketika booting tidak mengambil image dari komputer server, hal ini dapat meringankan beban server.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2535
PDF

References

D. Hasibuan. 2019. Analisis Dan Implementasi Jaringan Thin Client Menggunakan Linux Terminal Server Project Pada Jaringan Lan. Vol 5 No 1, Methodika.

Andi Z. N. 2019. Analisis Perbandingan Kinerja Jaringan Thin Client Terdistribusi Pada Dumb Terminal Dan Diskless. Vol 2 No. 2. JISTI.

Bagus J. Kurnianto T. N. Danny F. 2021. Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer Tanpa Harddisk (Diskless) pada Laboratorium Jaringan AKN Pacitan Menggunakan Metode Preboot Execution Environtment (PXE). Vol 8 No. 1. ECOTIPE.

Farid J. A. Ibnu Ziad. Ade Silvia H. Implementasi Compatibility Layer Pada Jaringan Server Diskless Berbasis Lubuntu 18.04 LTS. Vol 13 No. 2. STEKOM.

lp2m.uma.ac.id. 2022. Snowball Sampling: Pengertian, Metode, Keuntungan Dan Kekurangan. https://lp2m.uma.ac.id/2022/01/10/snowball-sampling-pengertian-metode-keuntungan-dan-kekurangan/ diakses pada tanggal 21 Juni 2022.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Haris Yulianto; Umi Mahdiyah, Risa Helilintar

Downloads

Download data is not yet available.