Rancang Bangun Alat Pencacah Sampah Kertas Dengan Ketebalan 5 mm
PDF

Keywords

pencacah kertas
pemotong tulang
sisem penggerak

How to Cite

Setiawan, B. ., & Rhohman, F. . (2022). Rancang Bangun Alat Pencacah Sampah Kertas Dengan Ketebalan 5 mm. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 269–274. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2500

Abstract

Berbagai persoalan yang menyangkut masalah kehidupan masyarakat akan selalu muncul seiring dengan perkembangan jaman. Masalah-masalah dominan yang sering menjadi polemik dalam kehidupan masyarakat adalah masalah sampah limbah kertas yang erat kaitannya dengan lingkungan. Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang besar didunia dan dikenal dengan negara kepulauan yang terletak didaerah tropis dan memiliki kemampuan ekonomi yang besar untuk masa yang akan datang Sampah atau limbah kertas merupakan masalah yang sangat serius bagi lingkungan, dikarenakan kertas merupakan bahan yang sulit terurai. Menurut data Kementerian Linkungan Hidup (KLHK) tahun 2020, Indonesia menghasilkan 34,5 juta ton sampah pertahunnya, dan 12% nya merupakan sampah kertas/karton. Dari angka tersebut, 43% nya masih belum terkelola dan menjadi limbah yang merusak lingkungan. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu dari objek mesin pencacah dilakukan observasi untuk mendapatkan data. Proses observasi dilakukan secara bertahap sebagai data acuan untuk mengetahui kebutuhan mesin tersebut. 1. Membantu dalam proses daur ulang sampah khususnya kertas 2. Dapat dipakai untuk home industri karena konstruksinya yang sederhana dan harganya yang relatif murah. 3. Mengurangi sampah kertas dan mengurangi sampah kertas yang sulit terurai sehingga menggangu ekosistem lingkungan. alat ini mempercepat proses pencacahan kertas dan kapasitas yang lumayan banyak

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2500
PDF

References

V. Elvira, "Alkindo Naratama (ALDO) Manfaat Sampah Kertas Untuk Dongkrak Kinerja," 23 September 2021. [Online]. Available: https://amp.kontan.co.id/news/alkindo-naratama-aldo-manfaatkan-sampah-kertas-untuk-dongkrak-kinerja. [Accessed 03 Januari 2022].

n. I. n. &. r. Junaidi, "Pengembangan Mesin Pencacah Sampah atau Limbah Plastik Dengan Sistem crusher dan silinder," 2015.

M. Khanafi, "Pemanfaatan Limbah Padat Serpihan Kertas Pabrik Kertas PT.Bura Barutama Kudus Sebagai Briket Bahan Bakar," Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2004.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Budi Setiawan; Fatkur Rhohman

Downloads

Download data is not yet available.