Rancang Bangun Sistem Penggalangan Dana Menggunakan Framework Codeigniter Pada Pondok Pesantren Mabaro Berbasis Web
PDF

Keywords

Crowdfunding
Penggalangan Dana
Sistem Informasi

How to Cite

Surya, F. K. ., & Rosid, A. . (2022). Rancang Bangun Sistem Penggalangan Dana Menggunakan Framework Codeigniter Pada Pondok Pesantren Mabaro Berbasis Web. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 103–108. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2459

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada Pondok Pesantren Mabaro yakni sering terjadi kekurangan dalam hal pendanaan, karena dana yang dipungut biasanya hanya melalui kotak amal atau kotak kardus yang disalurkan, hal ini tentu yang mengetahui hanya warga pondok dan sekitar pondok. Warga lainya yang ingin berdonasi tidak mengetahui hal tersebut, mengingat program yang dijalankan terkadang lebih dari satu. Adapun jika terdapat dana yang terkumpul dari masyarakat akan terjadi penumpukan data terhadap jumlah donatur. Oleh karena itu akan menyebabkan proses berdonasi menjadi terhambat dan membutuhkan waktu yang lama dalam pendataan donatur. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada pendanaan program pondok pesantren yang sebelumnya dilakukan secara manual. Sistem informasi penggalangan dana ini dirancang menggunakan bahasa pemrogramman PHP dan framework codeigniter yang didalamnya terdapat metode MVC (model, view, controller) dan MySQL sebagai basis data. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi dan riset. observasi dilakukan di pondok pesantren mabaro, sedangkan riset dengan cara mencari informasi  melalui internet maupun dari penelitian sebelumnya. Data yang diinputkan berupa program yang sedang dijalankan pondok pesantren mabaro meliputi dana target dan tujuan pendanaan,sedangkan output yang dihasilkan adalah berupa dana sesuai jumlah transaksi yang dilakukan donatur. Sistem informasi penggalangan dana ini dapat menambah efektifitas dan efisiensi dalam kegiatan penggalangan dana sehingga dapat mewujudkan terkumpulnya target dana dan data donasi yang dihasilkan akan lebih rinci.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2459
PDF

References

Belleflamme, P., Lambert, T., & Schwienbacher, A. (2013). Individual crowdfunding practices. Venture Capital, 15(4), 313–333.

García-Pérez, C. A. (2016). Me gusta citar. Geotechnical, Geological and Earthquake Engineering, 16, 129–145.

Agustin, H. (2018). Sistem Informasi Manajemen Menurut Prespektif Islam. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 63–70.

Kami, T. (1975). Identification of Components in the Essential Oil of Hybridsorgo, a Forage Sorghum. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 23(4), 795–798.

Sutopo, P., Cahyadi, D., & Arifin, Z. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(1), 23.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif - Google Play. In Penerbit Cerdas Ulet Kreatif (Issue January).

Jogianto, H.M. (1999).Analisis dan Design Sistem- Informasi Pendekatan Terstruktur. Yogyakarta: Andi.

Waljiyanto, (2003), Sistem Basis Data : Analisis dan Pemodelan Data, Graha Ilmu, Yogyakarta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Faisal Kusnaedi Surya; Alfan Rosid

Downloads

Download data is not yet available.