Sistem Informasi Penerimaan Paket Barang Dengan Menggunakan Framework Codeigniter di Apartemen East Coast Residence
PDF

Keywords

Apartemen
Codeigniter
Paket Barang
Sistem Informasi
Website

How to Cite

Fadilasyah, D. A. ., & Suprianto, S. (2022). Sistem Informasi Penerimaan Paket Barang Dengan Menggunakan Framework Codeigniter di Apartemen East Coast Residence. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 088–097. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2457

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat masalah pada proses penerimaan paket barang di East Coast Residence, yakni pencatatan data paket barang pada East Coast Residence masih dilakukan secara konvensional atau masih menggunakan pembukuan besar. Hal ini sering menimbulkan permasalahan seperti pencatatan data paket barang yang telah di buat sewaktu-waktu dapat hilang, serta memakan waktu yang lama untuk melakukan pencarian data paket barang dan riwayat pengambilan paket barang. Tujuan Penelitian ini adalah mewujudkan terciptanya sistem yang terkomputerisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan dan mempercepat pembuatan laporan data paket barang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem model waterfall, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Sistem penerimaan paket barang ini dibangun menggunakan framework codeigniter yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data sistem. Sistem informasi ini memudahkan dalam pencatatan penerimaan paket dan pengambilan paket barang, serta dalam pencarian data paket barang yang telah disimpan dan dapat menampilkan hasil yang akurat. Penelitian ini memiliki kontribusi bagi East Coast Residence guna mempersingkat waktu dalam proses pembuatan laporan penerimaan paket dan pengambilan paket barang serta memberikan sistem yang telah terkomputerisasi yang digunakan untuk pencatatan dan pencarian data paket barang.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2457
PDF

References

Bayu Budi Prasetyo. 2011. Analisis Proses dan Prosedur Distribusi Paket Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Surakarta.

Devi Christian Sasia. 2012. Perancangan Perangkat Lunak Distribusi Air Mineral Pada PT. Bandangtirta Agung (Prof). Menggunakan Visual Basic 6.0.

Riyono and Gigih Erlik Budiharja, 2016. Pengaruh Kualitas Produk, harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk di Kota Pati. “ Junal Stie Semarang”, ISSN : 2252-826 Vol 8 No 2 : 92-121.

Agustina Lela and Dr. Parjono, M.Si, 2017. Pengaruh Suasana Toko dan Keanekaragaman Produk Terhadap Kepuasan Pembeli pada Konsumen Toserba Maya di Kec.Randublatung Kab. Blora. “Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) “, ISSN: 2337-6708 Vol. 01 No.01 : 39-43.

Kadir, Abdul. 2008. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Jogiyanto Hartono, 2001, Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi, Yogyakarta.

Ladjamudin bin, Al Bahra. 2009. Analsis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jogiyanto, HM. 2008. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktr teori dan praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Edwards, Chris, 2001, Sistem Informasi Edisi 2, Andi, Yogyakarta.

Indrajani, I. (2015). Data Base Design. Jakarta.

Waljiyanto, (2003), Sistem Basis Data : Analisis dan Pemodelan Data. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Dimas Afrizal Fadilasyah; Suprianto Suprianto

Downloads

Download data is not yet available.