Sistem Deteksi Dini Keamanan Kendaraan Menggunakan Arduino Uno dan Sensor Ultrasonic HC-SR04
PDF

Keywords

Arduino
Deteksi
Keamanan
Sistem
Ultrasonic

How to Cite

Atmanegara, A. P. ., & Suprianto, S. (2022). Sistem Deteksi Dini Keamanan Kendaraan Menggunakan Arduino Uno dan Sensor Ultrasonic HC-SR04. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 082–087. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2456

Abstract

Keamanan kendaraan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Pada kondisi saat ini, banyak terjadi tindakan kriminal yaitu pencurian kendaraan khususnya untuk mobil. Garasi tempat dimana mobil diparkir menjadi tempat yang rawan ketika pemiliknya tidak menggunakan penunjang keamanan yang terpasang digarasi mereka. Dengan memperhatikan celah tersebut, solusi yang bisa diberikan ialah dengan memasang alat deteksi keamanan tambahan pada garasi. Yang bertujuan untuk mencegah tindakan kriminal tersebut. Penulis menggunakan metode eksperimen dalam membuat sistem deteksi dini keamanan kendaraan ini. Di mulai dengan mengumpulkan data yang diperlukan, kemudian melakukan perancangan sistem yang akan diterapkan, dan melakukan proses perancangan script yang akan diprogram kedalam sistem deteksi dini keamanan kendaraan tersebut. Sistem deteksi dini yang akan dihasilkan ialah sebuah microcontroller Arduino Uno dan Sensor Ultrasonic HC-SR04 yang sudah dirangkai dan diprogram. Yang akan dikombinasikan dengan website yang berguna untuk memantau jarak terkini dari mobil yang berada di garasi yang disertai dengan bot telegram yang diprogram secara otomatis untuk memberikan notifikasi melalui telegram. Sistem otomatis menyatakan kendaraan hilang jika jarak yang diperoleh sensor lebih dari 60cm dan status kendaraan tidak sedang dikendarai. Dengan adanya sistem deteksi tersebut, penulis yakin bahwa hasil yang diperoleh akan berkontribusi untuk mencegah tindakan kriminal pada kendaraan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2456
PDF

References

Katadata. 2020. Kriminalitas Meningkat Selama Pandemi Corona, Sebanyak Apa?, https://katadata.co.id/muhammadridhoi/berita/5e9ffbc527b98/kriminalitas-meningkat-selama-pandemi-corona-sebanyak-apa diakses pada tanggal 25 November 2021.

Hermawan, R., dan Rosiska, E. 2021. Sistem Keamanan Mengemudi Kendaraan Berbasis Arduino Untuk Memonitoring Jarak Sebuah Benda. In JURNAL COMASIE.

Mutava Gabriel, M., Paul Kuria, K. 2020. Arduino Uno, Ultrasonic Sensor HC-SR04 Motion Detector with Display of Distance in the LCD. vol 9, 1- 7, www.ijert.org

Sahat Parulian, I., Sianturi, L., & Josua Sinaga, S. (2020). Desain Pengendali Sensor Jarak Pada Robot Mobil Dengan Penghalang Tidak Diketahui. In Telecommunications & Control System-ELPOTECS Jurnal ELPOTECS | (Vol. 3, Issue 2).

Setyawan, B., dkk. 2018. Sistem Deteksi Menggunakan Sensor Ultrasonik berbasis Arduino mega 2560 dan Processing untuk Sistem Keamanan Rumah. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol 3, hal 1-6.

Mali A., R. dkk. 2021. Rancang Bangun Alat Pengukur Jarak Aman Mobil Pada Area Tempat Parkir Umum Menggunakan Sensor Ultrasonic HC-SR04 Dan Arduino Uno. vol 4. hal 1-7.

Allgoblog. 2015. Apa itu Arduino IDE dan Arduino Sketch ?, http://allgoblog.com/apa itu-arduino-ide-dan-arduino-sketch/ diakses pada tanggal 27 November 2021.

123dok. 2020. Sublime Text 3 Pengertian Sistem Informasi, https://textid.123dok.com/document/lzgroxj6q-sublime-text-3-pengertian-sistem-informasi.html diakses pada tanggal 27 November 2021.

EduChannel Indonesia. 2020. Pengertian MySQL, https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-mysql.html diakses pada tanggal 27 November 2021.

AppKey. 2020. Apa Itu Node.js? Memahami Penggunaan dan Keunggulan Node.js, https://appkey.id/pembuatan-website/web-programming diakses pada tanggal 27 November 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Akhmad Prasetya Atmanegara; Suprianto Suprianto

Downloads

Download data is not yet available.