RANCANG BANGUN MESIN PEMECAH CANGKANG PALA
PDF

Keywords

Pala
Mesin Pemecah
Perancangan

How to Cite

Mahubesy, M. ., Hi. Abbas, S. ., & Junaidy A. Karim, I. . (2022). RANCANG BANGUN MESIN PEMECAH CANGKANG PALA. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 036–041. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2448

Abstract

Pada industri rumah tangga, pengambilan biji terutama pada proses pemecahannya dilakukan secara manual yaitu memecahkan dengan menggunakan palu. Pada proses pemecahan tersebut pala yang terbelah akan bervariasi dan membutuhkan waktu yang relatif lama, sehingga tidak mungkin memecahkan cangkang pala secara manual dan memperoleh buah pala yang utuh dalam waktu yang singkat, hal tersebut menyebabkan efisiensi produksi tidak maksimal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu dengan menguji coba alat. Selain itu juga dilakukan pengumpulan data yang dapat menunjang proses perancangan, seperti dimensi biji pala serta melakukan observasi dan studi literature terkait dengan objek yang dirancang. Bahan utama yang digunakan sebagai sampel pengujian pada penelitian ini adalah biji pala, dengan berbagai jenis biji pala yang sudah kering. Merancang dan membuat mesin pemecah cangkang pala yang meminimalkan sekecil mungkin terlibatnya manusia dalam proses pemecahan cangkang pala. Mesin pemecah cangkang pala yang dirancang memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi (600 mm x 300 mm x 700 mm). Menggunakan penggerak dari motor listrik ac dengan kapasitas 220 volt / 0,5 hp / 1430 rpm, memiliki dua buah rol yang dapat di atur besar kecilnya diameter buah pala sesuai keperluan. Dari hasil pengujian dengan menggunakan mesin pemecah, waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan cangkang pala sebanyak 6 kg yaitu 3,47 menit.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2448
PDF

References

S. Bustaman, “Prospek dan Strategi Pengembangan Pala di Maluku,” Perspektif, vol. 6, pp. 68–74, 2015.

S. Bustaman, “Prospek pengembangan minyak pala banda sebagai komoditas ekspor Maluku,” J. Litbang Pertan., vol. 27, no. 3, pp. 93–98, 2008.

T. H. Silaya and others, “Agroforestri BerbasisPala (Myristica Sp) di Kepulauan Maluku,” in Makalah pada Workshop Nasional Agroforestri Berbasis Pala untuk Kesejahteraan Masyarakat Maluku di Desa Soya, Maluku, 2012, pp. 5–6.

I. Sularso and K. Suga, “Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin,” 1991.

U. Muhammadiyah, M. Sebagai, S. Satu, P. Untuk, M. Gelar, and S. Teknik, “PERANCANGAN MESIN PEMECAH KEMIRI BERKAPASITAS 200 KG / JAM Disusun Oleh : TRI WARSITO JURUSAN TEKNIK MESIN,” 2016.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Maruf Mahubesy; Said Hi. Abbas, Ivan Junaidy A. Karim

Downloads

Download data is not yet available.