Design and Build a Web-based Learning Management System Using the Laravel Framework
PDF

Keywords

Bootcamp
Laravel
Learning Management System

How to Cite

Anam, S. ., & Sifaunajah, A. . (2022). Design and Build a Web-based Learning Management System Using the Laravel Framework. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 013–018. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2444

Abstract

Lerning Management System, merupakan media pembelajaran online berbasis internet yang dapat mengelola program, bertukar informasi antara guru dan murid, dan materi pembelajaran yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul materi untuk semua orang yang mempunyai minat di bidang pemrogaman juga untuk mereka yang mengalami keterbatasan waktu untuk mengikuti pembelajaran pada perkuliahan atau akademika lainya. Penilitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development ) dengan model pengembangan Borg and Gall. Desain pembelajaran yang dipilih adalah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning/Bootcamp, dengan langkah-langkah:1) Memulai dengan rumusan masalah. 2) Merancang rencana proyek. 3) Menyusun jadwal aktivitas. 4) Mengawasi jalanya proyek. 5) Penilaian terhadap produk yang dihasilkan. 6) Mengevaluasi pengalaman. Dalam pembuatan LMS  ini menggunakan Framework Laravel untuk membuat halaman website dan MySQL sebagai database tempat menyimpan data. Dengan menggunakan model framework pembuatan halaman website jauh lebih cepat namun tidak meninggalkan compatibilitas. Hasil dari penelitian ini diciptakanlah sebuah LMS dimana harapanya, LMS tersebut  dapat memudahkan para guru untuk dapat mendistribusikan materi dan untuk siswa dapat dengan mudah mendapat materi. Sehingga pengguna dapat dengan mudah dalam berinteraksi dan lebih memberikan hasil yang efisien di dalam proses pembelajaran.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2444
PDF

References

T. Fadjar Shadek and R. Swastika, “Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor (Php) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran,” J. ProTekInfo, vol. 4, no. 2017.

H. T. Ciptaningtyas, R. Muslim Ijtihadie, P. A. Lumayung, J. Teknik Informatika, and D. Komunikasi, “RANCANG BANGUN APLIKASI SINKRONISASI BIDIREKSIONAL ANTAR LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOODLE.”

H. Erisa, “Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani,” JPD J. Pendidik. Dasar, vol. 11, p. 44, 2021, [Online]. Available: https://ahlimediapress.com/index.php?route=product/product&product_id=232.

D. D. Putra et al., “Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall,” Wahana Dedik. J. PkM Ilmu Kependidikan, vol. 3, no. 1, p. 46, 2020, doi: 10.31851/dedikasi.v3i1.5340.

H. Effendi and Y. Hendriyani, “Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall,” Int. Semin. Educ. 2nd, pp. 62–70, 2016, doi: 10.31227/osf.io/zfajx.

G. A. A. S. Yasa, “Pengembangan Bahan Ajar Online Mata Kuliah Micro Teaching dengan Model Borg & Gall pada Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Agama Hindu Singaraja,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran Ganesha, vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2012, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/207120/pengembangan-bahan-ajar-online-mata-kuliah-micro-teaching-dengan-model-borg-gall.

P. D. Denita, “Pengembangan Learning Management System Menggunakan Framework Codeigniter Dan Angularjs Di Pt. Xyz,” J. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 15–25, 2018.

H. Effendi, “Blended Learning Effectiveness in Improving Learning Access in Higher Education,” 2019.

S. Rizka Anggraeni and W. A. Kusuma, “ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN METODE USER PERSONA,” 2021.

M. Roffi Suhendry, E. Riana, V. Riyanto, H. Nurdin, and S. Nusa Mandiri, “Rancang Bangun Learning Management System Menggunakan Framework CodeIgniter Pada PT. Rekayasa Industri,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Saiful Anam; Agus Sifaunajah

Downloads

Download data is not yet available.