Design and Build a “SIKMAJO” Courier Registrasion System Based On Self Service Technology
PDF

Keywords

Kurir
Marketplace
Self Service Technology

How to Cite

Nisayanti, E. M. ., & Sifaunajah, A. . (2022). Design and Build a “SIKMAJO” Courier Registrasion System Based On Self Service Technology. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 007–012. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2443

Abstract

Maraknya kehidupan masyarakat yang menggunakan smartphone menimbulkan peralihan gaya hidup, salah satunya belanja online. Semakin banyak toko online ataupun marketplace memudahkan seseorang memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus keluar rumah. Dengan adanya tingkat penjualan di sebuah situs marketplace yang semakin tinggi,  membuat seorang  penjual membutuhkan jasa pengiriman untuk memudahkan kinerja mereka. Di Indonesia istilah jasa pengiriman barang umumnya kita sebut dengan nama kurir. Kurir bertugas mengantar barang sesuai alamat penerima yang tertera. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian rancang bangun marketplace sikmajo yang didesain untuk komunitas IKM Jombang. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang mekanisme sistem pendaftaran kurir berbasis self service technology pada marketplace sikmajo yang didesain untuk komunitas IKM Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Research and Development yang didefinisikan sebagai metode penelitian yang sistematis, yang bertujuan diarahkan untuk  mengembangkan dan  menyempurnakan produk yang telah ada. Self service technology merupakan suatu teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan pelayanan sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Self service technology dipilih dengan harapan mampu menekan biaya operasional pengelolaan marketplace sikmajo. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat menambah lapangan pekerjaan bagi seseorang.  Sehingga proses bisnis online pun akan berkembang pesat.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2443
PDF

References

Pengertian Marketplace. Dari : https://www.info.populix.co/post/apa-itu-marketplace.(Diakses pada 7 Maret 2022).

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Self Service Technology. Dari : https://www.sonora.id/read/422411039/self-service-technology-jadi-solusi-alternatif-di-tengah-pandemi. (Diakses pada 12 Maret 2022).

Kelly D.Lewis,James e.,Lewis,Ph.D.2009. Web Single Sign-On Autentication using SAML, USA, International Journal of Computer Science.USA.

Fitur Logitude dan Lotitude. Dari : https://ilmupengetahuanumum.com/pengertian-latitude-dan-longitude-garis-lintang-dan-garis-bujur/(Diakses pada 15 Maret 2022).

Informasi, F. T. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring. (Informasi, 2016)

Studi, P., Informasi, S., & Suryadarma, U. (n.d.). PERANCANGAN SISTEM ORDER DAN TRACKING PENGIRIMAN KENDARAAN SECARA ONLINE BERBASIS PHP DAN MYSQL PADA PT WIRA GRANADA LESTARI Siti Alfatonah. 77–98.

Simangunsong, A. (2018). Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web. Jakarta : Gramedia.

Abarca, R. M. (2021). Bab Iii Metodologi Penelitian Kualitatif. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Susanto, Arief. Pengenalan Komputer, IlmuKomputer.com. (2003-2009) : 1-6

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Eky Mita Nisayanti; Agus Sifaunajah

Downloads

Download data is not yet available.