The Implementation of Naïve Bayes and Fuzzy Tsukamoto Method Towards The Sale of Fertilizers of UD. Sumber Makmur
PDF

Keywords

Aplikasi Penjualan
Naïve Bayes
Fuzzy Tsukamoto
Data Mining

How to Cite

Putra, D. P. . (2020). The Implementation of Naïve Bayes and Fuzzy Tsukamoto Method Towards The Sale of Fertilizers of UD. Sumber Makmur. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 273–278. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.209

Abstract

UD Sumber Makmur adalah perusahaan di Kediri yang bergerak di bidang penjualan pupuk. Di tengah proses bisnisnya, diketahui UD Sumber Makmur kerap mengalami kerugian dikarenakan tidak mampu memprediksi penjualan pupuk rata-rata per harinya. Oleh karena itu, dengan diterapkannya konsep data mining, diharapkan perusahaan mampu membuat prediksi penjualan di masa depan dengan tepat. Penelitian ini mengujicobakan dua metode data mining, yaitu Naïve Bayes dan Fuzzy Tsukamoto. Metode Naïve Bayes dan Fuzzy Tsukamoto dipilih karena kemudahannya dalam menghitung data, sehingga perusahaan lokal seperti UD Sumber Makmur dapat mengimplementasikannya dengan baik. Arus dari data sistem menggunakan DFD level 0, DFD level 1, ERD, CDM, dan PDM. Desain interface yang dibuat untuk aplikasi penjualan ini diprioritaskan untuk memudahkan administrator aplikasi dalam mengelola dan meramalkan data penjualan di hari-hari berikutnya. Penciptaan aplikasi menggunakan metode Naïve Bayes dan Fuzzy Tsukamoto ini diharapkan akan membantu UD Sumber Makmur memprediksi jumlah penjualan di masa mendatang, sehingga kerugian yang diakibatkan tidak terjualnya pupuk akan bisa dihindari.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.209
PDF

References

Nurdiawan, Odi. Noval Salim, 2018. Penerapan Data Mining Pada Penjualan Barang Menggunakan Metode Metode Naive Bayes Classifier Untuk Optimasi Strategi Pemasaran. (Online) , tersedia : http:// www.jurnalstmiksubang.ac.id.

Didik Garbian Nugroho, Yulison Herry Chrisnanto, 2016. Agung Wahana. Analisis Sentimen Pada Jasa Ojek Online Menggunakan Metode Naïve Bayes. Prosiding SNST Fakultas Teknik Vol 1, No 1: PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 7. Universitas Wahid Hasyim.

Muna, Fauzul and Sutikno, Sutikno. 2017. Implementasi Metode Naive Bayes Untuk Memprediksi Kelulusan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis. Universitas Diponegoro.

Hikma Widayu, 2017. data mining untuk memprediksi jenis transaksi nasabah pada koperasi simpan pinjam dengan algoritma c4.5. Jurnal Media Informatika Budidarma. No 2. Vol 1.

Putri, R.C.U. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Siswa Baru Dengan Metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making Model Yager (Studi Kasus : SMP IT Iqra Bengkulu). Skripsi. Universitas Bengkulu.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Dimas Pratama Putra

Downloads

Download data is not yet available.