Optimization of Local Area Network RSUD Dr. Soedomo Trenggalek District Using Protocol Routing Information
PDF

Keywords

Jaringan
LAN
Routing
Routing Information Protocol

How to Cite

Putra, W. R. Y. R., & Setiawan, R. H. . (2020). Optimization of Local Area Network RSUD Dr. Soedomo Trenggalek District Using Protocol Routing Information. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 016–019. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.167

Abstract

Jaringan Komputer didefinisikan sebagai sekumpulan komputer (lebih dari satu) yang terhubung satu dengan lainnya menggunakan media tertentu sehingga memungkinkan diantar a  komputer tersebut berinteraksi, bertukar data, dan berbagi peralatan bersama misalkan printer, scanner dll. Jaringan komputer yang mampu melewatkan data melalui sebuah jaringan atau internet menuju sasarannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing dapat dilakukan dengan memasukkan informasi suatu alamat jaringan secara manual kedalam tabel routing ataupun dengan bantuan protokol routing. Pada permasalahan  yang ditemukan di RSUD dr. Soedomo kabupaten trenggalek adalah seringnya terjadi crash pada sistem jaringan komputer karena masih menggunakan sistem static routing, disini peneliti menawarkan metode Routing Information Protocol dengan sistem dynamic routing yang mampu mengoptimalkan koneksi serta mencegah adanya crash antar perangkat. Pada penelitian ini digunakan aplikasi GNS3 sebagai simulator agar tidak mengganggu jaringan utama, sehingga didapatkan rata rata ping dari komputer client ke server adalah 68 ms dengan waktu ping tercepat adalah 66 ms dan waktu ping terlama adalah 71 ms dan semua komputer mendapatkan ip address yang berbeda dikarenakan penggunaan dynamic routing.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.167
PDF

References

Indriarini Dyan Irawati, Leanna Vidya Yovita, dan Tody Ariefianto Wibowo. 2018 Jaringan Komputer dan Data Lanjut. Ed. 1, Cet. 1 Deepublish, Yogyakarta.

Farina Ami.2009. Analisi Kinerja Koneksi Jaringan Switch Ethernet pada Local Area Network (LAN). Universitas Sumatera Utara. Medan.

Susilo, Joko. 2010. Praktikum CCNA di Komputer Sendiri Menggunakan GNS3. Jakarta: mediakita.

Wulandari, Retno. 2013. Routing Dinamis (RIP andOSPF)http://retnow.blog.student.eepisits.edu/2013/11/12/routing-dinamis-rip-dan-ospf.

Micro, Andi. 2012. Dasar-dasar jaringan computer. Jakarta: ClearOSIndonesia.

Edward, J., & Bramante, R. 2009. Networking Self Teaching Guide. Indianapolis: Willey Publishing.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Wahyu Romadhon Yon Rahma Putra Rahma Putra, Rony Heri Setiawan

Downloads

Download data is not yet available.