Expert System for Diagnosing Broiler Chicken Disease Using the Naive Bayes Method
PDF

Keywords

Naive Bayes
Penyakit Ayam Broiler

How to Cite

Aulyia, R. A. ., & Irawan, R. H. . (2020). Expert System for Diagnosing Broiler Chicken Disease Using the Naive Bayes Method . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 011–015. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.166

Abstract

Dalam beternak ayam broiler para peternak kerap kali menghadapi beragam serangan penyakit  yang menyerang ayam broiler. Salah satu faktor rendahnya perkembangan dan produktifitas ayam broiler karena kurangnya pengetahuan dan informasi yang dimiliki para peternak mengenai penyakit yang  menyerang burung puyuh serta cara untuk mengatasinya.Oleh karena itu aplikasi sistem pakar sangat dibutuhkan untuk mempercepat dalam menganalisa suatu jenis penyakit yang terdapat pada hewan ternak ayam broiler sehingga dapat dengan mudah diketahui jenis penyakit yang sedang diderita oleh ayam broiler tersebut  tanpa harus berhadapan dengan dokter hewan secara langsung. Sistem ini di buat untuk memudahkan peternak untuk mengetahui jenis penyakit yang menyerang hewan ternak ayam broiler, serta dapat  memberikan solusisolusi yang harus dilakukan agar penanganan penyakit pada ayam broiler bisa lebih cepat diatasi.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.166
PDF

References

Indriana Candra Dewi, A. A. 2015. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Potong Dengan Metode Naive Bayes. Journal of Environmental Engineering & Sustainable Technology, 72-78.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha ilmu.

R.Ratnasari, W. S. 2015. Analisis Pendapatan Peternak Ayam Broiler Pada Sistem Kemitraan di Kecamatan Gunung Pati. Animal Agriculture

Journal, 47-53.

Achmad Affan Suprayogi Nugraha, N. H. 2018. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kucing Menggunakan Metode Naive Bayes – Certainty Factor Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 650-658.

Wyatt, J. C., Spiegelhalter, D. 2008. Field Trials of Medical Decision-Aids: PotentialProblems and Solutions. Proceeding of 15th Symposium on ComputerApplications in Medical Care. Washington. May 3

Chairul Fadlan, S. N. 2018. Penerapan Metode Naïve Bayes Dalam Klasifikasi Kelayakan Keluarga Penerima Beras Rastra. JUTIM.

Mohamad Hadi, M. R. 2016. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 11-128.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Ripan Amirul Aulyia, Rony Heri Irawan

Downloads

Download data is not yet available.