Access Restrictions On Social Media Network Using Internet School In Virtual Mikrotik Sman 1 Prambon
PDF

Keywords

Memblokir Situs
Mikrotik
Sekolah

How to Cite

Ismartdiansyah, I. (2020). Access Restrictions On Social Media Network Using Internet School In Virtual Mikrotik Sman 1 Prambon. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 251–253. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.154

Abstract

Perkembangan dunia internet sangat diharapkan untuk masa sekarang ini karena semakin banyak perusahaan swasta, instansi dan institusi pendidikan. Di SMAN 1 Prambon belum mengembangkan jaringan laboratorium dan jaringan hotspot. Diantara faktor yang terkait adalah hanya mengandalkan fasilitas yang diberikan tanpa mempertimbangkan koneksi dan kebutuhan dari masing-masing client. Sistem operasi yang digunakan yaitu Mikrotik Router OS 5.20 yang dapat diperoleh dengan mudah, seperti mengunduhnya di Internet. Mikrotik Router ini merupakan sistem operasi linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Di desain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (Winbox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada standard komputer PC (Personal Komputer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource yang besar. Segala hal yang diakses oleh pengguna melalui internet harus dikontrol melalui administrator, termasuk apa saja situs yang tidak boleh diakses secara penuh ataupun pada jam tertentu saja. Perlu pengembangan rancangan jaringan komputer dan internet dengan membatasi dan mengatur penggunaan jaringan internet dengan memblokir situs-situs yang tidak bisa diakses pada kegiatan sekolah. Dan dalam hal ini tentu diharapkan dapat memperlancar jam pembelajaran disekolah dan menambah kecepatan akses situs lain yang memang mendukung pada jam sekolah berlangsung.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.154
PDF

References

Mancill, T. 2002, Linux Routers : A Primer for Network Administrator, 2nd ed., Prentice Hall.

DA Effendy, R.H. Irawan. 2015. Uji Sensitivitas metode WP, SAW Dan TOPSIS Dalam Menentukan Titik Lokasi Repeater Internet Wireless. Prosiding SEMNASTEKNOMEDIA. Yogyakarta. Februari.

Amoss, J. J. & Minoli, D. 2008. Handbook of IPv4 to IPv6 Transition. 2nd ed. Newyork: Auerbach Publications.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Ismartdiansyah Ismartdiansyah

Downloads

Download data is not yet available.